Hadiri Kegiatan FGD, Bupati Koltim Minta OPD Berikan Data Berkualitas

waktu baca 2 menit
Bupati Kolaka Timur, Sulwan Aboenawas saat menghadiri acara Fokus Group Discussion Sinkronisasi Data Publikasi Koltim dalam Angka 2022, dirangkaikan Sosialisasi Satu Data Indonesia. (Dhery/triaspolitika.id)

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulwan Aboenawas meminta Organisasi perangkat Daerah (OPD), untuk memberikan data berkualitas yang sesuai dengan standar satu data Indonesia.

“Tidak ada lagi data dan informasi penting yang tidak terpublikasikan. Dinas dan instansi daerah adalah produsen data, jadi saya seluruh OPD tidak terlambat memberikan data,” ujar Sulwan saat menghadiri sekaligus membuka acara Fokus Group Discussion (FGD), di Koltim, Rabu (17/02/2022).

Bupati Koltim juga berharap, publikasi tahun 2022 akan lebih baik serta berkualitas dari tahun sebelumnya.

”Saya juga meminta OPD untuk aktif berkoordinasi dengan pembina data seperti BPS dan Dinas Kominfo sebagai wali data,” terangnya.

Lanjut Sulwan, berdasarkan Perpres 39 tahun 2019 Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelolah data pemerintah dalam menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kegiatan Fokus Group Discussion Sinkronisasi Data Publikasi Koltim dalam Angka 2022, dirangkaikan Sosialisasi Satu Data Indonesia.

“Selain itu, juga mudah diakses serta dibagi antara instansi pusat dan instansi daerah,” kata Sulwan Aboenawas.

Kata Sulwan, Kolaka Timur cukup mendukung Perpres. Hal tersebut dibuktikan sejak tahun 2021 wilayah tersebut sudah menerapkan SOP yang sesuai.

Kolaka Timur dalam angka wajib terbit pertanggal 22 Februari juga tidak ada revisi pada tahap selanjutnya.

“Dalam publikasi Kabupaten Kolaka Timur dalam Angka ini dituntut untuk memuat data-data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga dapat menjadi rujukan banyak pihak,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Fokus Group Discussion Sinkronisasi Data Publikasi Koltim dalam Angka 2022, dirangkaikan Sosialisasi Satu Data Indonesia.

Pada kesempatan itu, turut dihadiri sejumlah perangkat daerah seperti Asisten II, Kepala BPS, Kadis Kominfo Koltim, serta Forkopimda Kolaka Timur.

Reporter: Dhery Hermansyah

Baca Juga :

Musrembang di Mowewe: Petani Minta Pemkab Koltim Perbaiki Bendungan

Bupati Sulwan Berharap, Musrembang dapat Menjaring Aspirasi Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!