Musrembang di Mowewe: Petani Minta Pemkab Koltim Perbaiki Bendungan

waktu baca 2 menit
Musrembang di Mowewe: Petani Minta Pemkab Koltim Perbaiki Bendungan

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Petani di Kecamatan Mowewe, Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta pemerintah kabupaten untuk segera memperbaiki Bendungan yang ada di wilayah tersebut.
Seruan salah seorang petani itu diutarakan saat menghadiri acara Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrembang) kecamatan, Rabu, (16/2/2022).

Menurut salah seorang petani Mowewe, Yosep, kecamatan Mowewe memiliki lahan persawahan yang begitu luas terhampar di wilayah tersebut.

Namun hampir tiga tahun sawah-sawah tidak diolah dengan baik, hal tersebut dikarenakan penampungan air atau bendungan di wilayah tersebut jebol pasca banjir melanda Mowewe pada 2018 lalu.

Kata Yosep, rusaknya bendungan di Mowewe mengakibatkan petani harus berhenti untuk bersawah. “Untu itu kami meminta perhatian Pemda, khususnya Dinas PU agar bendungan tersebut bisa diperbaiki, sehingga para petani bisa bersawah kembali,” tutur Yosep.

Tidak hanya masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan yang menyuarakan pembangunan bendungan hulu yang berada di Desa Ulumowewe.

Salah seorang anggota DPRD Koltim, Andi Musmal juga ikut meminta pemerintah untuk segera memperbaiki bendungan tersebut.

“Hampir tujuh kali musim tanam petani di Mowewe ini tidak bersawah akibat jebolnya bendungan,” kata Andi Musmal.

Olehnya itu, ia berharap agar Pemda Koltim dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) dapat memperhatikan kesejahteraan hidup para petani dengan pembangunan bendungan di Desa Ulumowewe.

Kami berharap pengerjaan bendungan bukan hanya memberikan solusi sementara, tetapi bersifat permanen,” sambungnya

Menanggapi hal tersebut, Dinas PU Koltim, Jun Rachmad segera akan memperbaiki bendungan agar seluruh petani di Kecamatan Mowewe dapat bersawah kembali.

Reporter: Dhery

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!