oleh

Polemik Pilkada di Sultra, Pengurus PAN Silang Pendapat dalam Dukungan

SULTRA, TP – Pemilihan kepala daerah di tujuh kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra), yang rencananya bakal digelar pada 9 Desember mendatang bisa dipastikan bakal meninggalkan jejak baru pada partai politik.

Pasalnya, ada beberapa partai pengusung pasangan calon di pilkada tersebut, saling silang pendapat pada calon kepala daerah yang diusung partai politik.

Sebut saja Partai Amanat Nasional (PAN), dari pantauan triaspolitika.id, ada sejumlah daerah di Sultra, yang diusung dari partai PAN sebagai calon kepala daerah tidak solid atau pecah kongsi.

Seperti di Kabupaten Kolaka Timur dan Muna. Untuk di Kabupaten Kolaka Timur, DPP, DPW serta DPD PAN terang-terangan menyatakan dukungannya terhadap pasangan Samsung Bahri Majid dan Andi Merya Nur, namun faktanya sejumlah kader partai berlambang matahari tersebut justru mendukung pasangan calon Tony Herbiansyah dan Baharuddin.

Sebut saja diantaranya Kerry Saiful Konggoasa, yang saat ini dipercaya PAN sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai DPW PAN Sultra.

Kerry yang juga sebagai Bupati Konawe dua periode tersebut, terang-terangan mendeklarasikan Tony Herbiansyah dan Baharuddin.

Kerry bahkan berkomitmen untuk ikut memenangkan paslon akronim Bersatu tersebut.

Selain Kerry, ada juga kader PAN lainnya seperti Sabaruddin Labamba, yang ikut terang-terangan mendeklarasikan Tony Herbiansyah dan Baharuddin di acara Deklarasi paslon Bersatu.

Sedangkan di Kabupaten Muna, DPP dan DPW PAN telah merekomendasikan dukungan pada pasangan LM Rajiun Tumada dan La Pili (RAPI), namun faktanya, banyak pengurus dan kader PAN ditingkat DPD Muna beralih dukungan calon pada patahan yaitu LM Rusman Emba dan Bachrun Labuta.

Bahkan, tidak hanya pengurus DPD PAN Muna, yang menolak mendukung pasangan RAPI itu. Ketua DPD PAN Baubau juga ikut mendeklarasikan pasangan Rusman Emba dan Bachrun Labuta.

Baru-baru ini, DPD PAN Kota Baubau yang dipimpin langsung AS Thamrin, mendeklarasikan diri mendukung pasangan LM Rusman Emba-Bachrun Labuta.

Menurut Tamrin, pengurus DPD PAN Kota Baubau kecewa dengan sikap DPP PAN yang memberi rekomendasi pada LM Rajiun. Sebab, LM Rajiun dinilai telah mengkhianati partai dengan melakukan pembakaran seluruh atribut partai beberapa waktu lalu.  

Reporter : Bensar

Komentar

BERITA PILIHAN