oleh

Pantai Nirwana, Ikon Wisata Pantai di Kota Baubau Miliki Air Tri Warna dan Pasir Putih Alami

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Jika Anda berkunjung ke Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, maka tidak lengkaplah jika tidak mengunjungi Pantai Nirwana.

Nirwana jika merujuk pada namanya berarti surga, dan memang keindahan Pantai tersebut ibarat sepotong surga kecil yang jatuh ke Bumi, pasalnya Pantai Nirwana dikenal memiliki air laut tiga warna atau triwarna dan pasir putih alami.

Keindahan pantai itu, tidak hanya pada pemandangan alam di pemukaan saja, pasalnya jika para pengunjung mengeksplor lokasi bawah laut di pantai Nirwana maka akan menemukan panorama yang tidak kalah indahnya, dengan terumbu karang yang masih terawat dengan baik serta jenis- jenis ikan warna warni yang sama indahnya.

Untuk mempertahankan keindahan dari pantai wisata tersebut, bukanlah hal yang mudah, dari keterangan yang dihimpun media ini saat mewawancarai Pemilik Pantai Wisata tersebut, La Ode Kahar, di lokasi Pantai Nirwana, pada Minggu (9/1/2022).

Kahar mengungkapkan, untuk mengantisipasi berkurangnya pasir di tempat tersebut, maka dilakukan larangan penambangan pasir, selain itu juga dilarang untuk merusak terumbu karang, karena itu aktifitas membom ikan sudah tidak dilakukan lagi sejak 15 Tahun lalu.

Memang di akui Kahar, lokasi wisata tersebut dikenal juga sebagai wilayah yang banyak ikannya, tetapi para Nelayan lebih memilih untuk melakukan penangkapan ikan dengan cara yang lebih aman dan tidak merusak lingkungan sekitar, yakni memancing dan menebar jaring. Bahkan dikala kunjungan ke lokasi tersebut membludak, misalnya di hari Minggu atau hari libur lainnya, para nelayan sekitar memilih untuk tidak menebar jaring Mereka.

Sebagai informasi, untuk fasilitas yang disewakan di Pantai Nirwana itu adalah, Ban Dalam untuk berenang dengan ukuran untuk Anak- Anak dan orang Dewasa, Banana Boat dan Donut Boat serta Sampan/Perahu.

Sementara peralatan untuk Snorkeling dan menyelam/Diving belum dimiliki lokasi wisata tersebut, sehingga biasanya pengunjung yang mau snorkeling dan Diving menyewa di tempat lain dulu setelah itu menggunakannya di Pantai Nirwana.

Fasilitas lain yang dimiliki spot wisata tersebut adalah, lokasi parkir kendaraan dan tempat ibadah yaitu Masjid. Harga masuk ke lokasi wisata itu sangat terjangkau yakni per orang dikenakan tiket masuk seharga Rp 2000, sementara untuk parkiran Kendaraan roda empat / mobil dikenakan tarif Rp 5000, sementara untuk kendaraan roda dua / sepeda motor bertarif Rp 3000. (Adm)

Sumber: La Ode Ismail Marzuki

BERITA PILIHAN