oleh

Nakes Jadi Daftar Pertama Penerima Vaksin COVID-19 di Wakatobi

WAKATOBI, TP – Sejak masuknya vaksin COVID-19 di Sulawesi Tenggara sebanyak 20.400, timbul segelintir pertanyaan dari masyarakat tentang siapa yang akan menjadi orang – orang pertama yang akan diberikan vaksin tersebut.

Salah satunya di kabupaten Wakatobi, kejelasan tentang keamanan penggunaan vaksin tersebutlah yang diinginkan masyarakat.

Pemda kabupaten Wakatobi melalui Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliaddin saat di konfirmasi mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pendataan nama – nama yang akan menerima suntikan vaksin.

Pada penerima suntikan vaksin tahap pertama ialah sejumlah Tenaga Kesehatan (NaKes) yang namanya telah terdaftar.

“Untuk tahap satu, sasarannya kepada tenaga kesehatan yang bekerja diinstansi kesehatan dan berstatus ASN. Tentu bagi yang telah terdaftar namanya,” terangnya, Kamis (7/1/2021).

Namun demikian, tambahnya, saat ini dari Dinas Kesehatan Provinsi belum memberikan kepastian tentang seberapa banyak vaksin COVID-19 yang akan di distribusikan ke kabupaten Wakatobi

“Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari dinas provinsi terkait persebaran ke tiap-tiap kabupatena kota, termasuk Wakatobi juga belum diketahui berapa jumlah vaksin yang akan diterima,” tambahnya.

Demikian juga dengan jumlah penerima vaksin dari total nakes yang terdaftar belum pula diketahui, menyesuaikan dengan jumlah vaksin yang akan diterima pemerintah setempat.

Selain itu kata Muliaddin, sesuai juknis, ada beberapa kategori orang yang ditunda pemberian vaksinnya. Diantaranya, orang dengan gejala alergi, Ibu hamil, orang yang mengalami gangguan sistem imun, dan anak dibawah umur.

Muliaddin berharap, karena vaksinasi merupakan program pemerintah utk mencegah dan memutus penularan COVID-19, maka diharapkan semua harus mendukung program vaksinasi tersebut.

Reporter : Anto

Komentar

HUKUM KRIMINAL