Inspektorat Kolaka Timur Laksanakan Ekspose Hasil Audit Penggunaan ADD dan DD

waktu baca 3 menit

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Inspektorat Kolaka Timur melakukan ekspose hasil audit penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) seluruh desa di Kabupaten Kolaka Timur pada Senin, (29/05/2023).

Camat Dangia I Wayan Gede Edy Sanjaya, SE., MM mengatakan, ekspose dilaksanakan oleh Inspektorat merupakan lanjutan dari pemeriksaan yang dilakukan beberapa minggu yang lalu.

“Hari ini agenda kita adalah ekspose hasil audit Inspektorat Kolaka Timur dari pemeriksaan yang dilakukan minggu lalu,” kata Edy pada Triaspolitika.id.

Kata Edy, audit pengelolaan anggaran merupakan agenda rutin dan wajib yang dilakukan oleh APIP dalam hal ini adalah Inspektorat Kolaka Timur. Pemeriksaan penggunaan anggaran bukan hanya untuk desa, tetapi juga seluruh instansi termasuk kecamatan.

“Bukan hanya ADD, DSD dan DD saja yang diaudit oleh inspektorat, tapi semuanya diaudit termasuk saya,” ujar Edy.

Edy juga menyampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan oleh APIP merupakan langkah tepat untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

“Tentunya ini semua dilakukan atas dukungan dari Bapak Bupati kita Bapak Abd. Azis, SH., MH yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyelewengan dalam pengelolaan anggaran pemerintah,” terangnya.

Selain bertujuan untuk pencegahan, APIP juga dapat melakukan Pemsus terhadap instansi ataupun desa yang dianggap tidak dapat mempertanggungjawabkan secara nyata atas pengelolaan anggaran yang dikelolanya.

Edy mengatakan bahwa temuan yang ada rata-rata adalah kesalahan administratif seperti pembayaran Pajak yang tertunda ataupun yang kurang.

“Saya lihat rata-rata pajaknya ada yang belum bayar dan kurang bayar pajaknya, dan rata-rata ini terjadi di desa yang Kepala Desanya berganti,” terangnya.

Camat Dangia berharap dengan adanya naskah hasil audit yang diserahkan oleh Inspektorat Kolaka Timur dapat menjadi pembelajaran bagi semuanya agar lebih berhati-hati dan teliti dalam mengelola anggaran negara.

“Semoga kita semua bisa menjadi lebih baik lagi, lebih teliti lagi dan lebih berhati-hati lagi dalam mengelola anggaran negara,” tandasnya.

Penggunaan dan Pengelolaan anggaran yang bersumber dari negara memang harus dipertanggung jawabkan dengan baik oleh pengguna anggaran.

Ketua Tim Audit Inspektorat Kolaka Timur Hartina, S,ST mengatakan, hari ini bakal diserahkan naskah hasil audit setiap desa. “Kami akan serahkan hasil audit kami dalam bentuk naskah masing-masing desa. Jadi sekarang tidak lagi satu file yang diserahkan, tetapi sekarang masing-masing desa akan diberikan hasilnya agar tidak ada kebocoran rahasia hasil pemeriksaan yang kami lakukan,” jelas Hartina.

Inspektorat Kabupaten Kolaka Timur yang bertugas sebagai APIP di Kolaka Timur bertugas untuk melakukan pemeriksaan pengelolaan keuangan khususnya di desa yang saat ini diketahui bahwa ada anggaran yang bersumber dari APBN yaitu Dana Desa dan ada juga anggaran yang bersumber dari APBD Kolaka Timur yaitu ADD dan DD.

Auditor Inspektorat Isradin Kara menjelaskan bahwa dari hasil audit yang dilakukan minggu sebelumnya telah dilakukan penelitian dan disimpulkan bersama tim auditor terkait hasil audit.

“Kami telah melakukan penelitian dan menyimpulkan secara bersama-sama tentang hasil audit kami, dan sebentar hasil audit kami dalam bentuk naskah akan kami bagikan kepada semua desa,” jelas Isradin.

Dari hasil audit tersebut, masih diberikan kesempatan kepada para kepala desa untuk melakukan sanggah dalam waktu 5 hari setelah hasil audit disampaikan.

“Jika menurut bapak dan ibu sekalian ada kekeliruan kami dalam naskah hasil pemeriksaan, kami menyediakan waktu untuk bapak dan ibu melakukan sanggah selama 5 hari kerja,” ujarnya.

Usai Naskah Hasil Pemeriksaan dibagikan kepada Kepala Desa dan Bendahara Desa, langkah selanjutnya adalah mendengarkan sanggahan dan memberikan tindak lanjut dari hasil temuan yang ada.

Ekspose Hasil Pemeriksaan Inspektorat Kolaka Timur terhadap Pengelolaan Anggaran Desa berakhir sekitar pukul 17.30 Wita dengan tanpa ada kendala.

Reporter : Hery

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Ini baru berita mantafff .. jelas .. dan gampang sy fahami …

Sudah ditampilkan semua
error: Content is protected !!