USN Kolaka Mulai Seleksi Balon Rektor

waktu baca 3 menit
USN Kolaka Mulai Seleksi Balon Rektor

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melakukan seleksi bakal calon (balon) rektor USN Kolaka periode 2022-2026,  di ruang rapat Rektor USN Kolaka.

Seleksi tersebut dilakukan mengingat jabatan Dr. Azhari sebagai rektor USN Kolaka bakal beraklhir pada 28 Juni 2022 mendatang.

Ketua Panitia seleksi Rektor USN Kolaka, Yahyanto mengatakan, sehubungan dengan akan berakhirnya masa jabatan Dr Azhari selaku Rektor USN Kolaka pada 28 Juni 2022 nanti, maka pihak panitia mulai mengatur jadwal pemilihan Rektor USN Kolaka baru.

“Kini kami mulai membuat jadwal pemilihan Rektor USN Kolaka,” ujar Yahyanto, pada Triaspolitika.id Rabu (2/2/2022).

Jadwal pemilihan Rektor USN Kolaka kata dia, telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Kami sudah mulai persiapkan laporan serta konsultasi persiapan pemilihan Rektor USN Kolaka ke Kemendikbud Dikti pada awal Januari 2022 kemarin,” katanya.

USN Kolaka Mulai Seleksi Balon Rektor

Pada akhir Januari lalu, kata dia, pihak Kemendikbud Dikti telah menyetujui pemilihan tersebut dilakukan, itu berdasarkan surat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Kami dari panitiaan telah mempersiapkan segala jadwal dan persyaratan yang dipersiapkan dalam hal pemilihan Rektor USN Kolaka,” katanya.

Lanjut Yahyanto, saat ini jadwal pemilihan Rektor USN Kolaka memasuki tahapan sosialisasi pendaftaran bakal calon. Tahapan sosialisasi pendaftaran itu akan dimulai tanggal 5 hingga 13 Februari 2022.

Kemudian pada tanggal 28 Februari hingga 28 maret 2022 akan dibuka pendaftaran bakal calon Rektor USN Kolaka, dan dilanjutkan dengan penjaringan bakal calon pada pada tanggal 2 hingga 14 April 2022.

Olehnya itu dalam tahap penjaringan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon, di antaranya merupakan pegawai negeri sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah yaitu Rektor Kepala.

Selain itu, terdapat beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi oleh bakal calon Rektor USN Kolaka.

“Misalnya pembukaan pendaftaran, itu nanti kita akan mengkroscek syarat-syarat bakal calon rektor tersebut. Setelah persyaratan itu terpenuhi, pada 9 Mei 2022 itu kita langsung pada tahapan

penyampaian visi misi dan program kerja bakal calon rektor dihadapan sidang senat terbuka yang dapat dihadiri pejabat kementerian atau yang mewakili,” jelasnya.

Menurutnya, proses pemilihan Rektor USN Kolaka akan terlaksana dengan lancar apabila para bakal calon yang mendaftar memenuhi persyaratan.

“Cuma yang lama itu ketika yang mendaftar kurang dari empat calon. Jadi kalau misalnya tidak memenuhi, kita akan membuka waktu selama sepuluh hari. Selama sepuluh hari itu, senat mempunyai tugas untuk mencari siapa yang layak untuk menjadi bakal calon rektor,” jelasnya.

Pada puncak pemilihan Rektor USN Kolaka akan dilaksanakan pada 18 Mei 2022. Dalam prosesnya, setiap calon akan memperebutkan suara dari Senat sebanyak 21 orang yang memiliki presentasi suara 65 persen dan 35 persen suara dari kementerian terkait.

Ketua Senat USN Kolaka, Yuli Purbaningsih berharap pemilihan Rektor USN Kolaka nantinya dapat berjalan aman dan lancar hingga akhir penetapan Rektor terpilih.

“Karena jadwal ini sudah disetujui oleh kementerian, kita berharap pemilihan rektor dapat berjalan aman, lancar,” pungkas Yuli saat menggelar konferensi Pers.

Reporter: Dekrit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!