USN Kolaka Gelar Bimtek Penyusunan Kurikulum KKNI dan OBE

waktu baca 2 menit
Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Rina Remba

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) reorientasi kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) berbasis merdeka belajar dan Outcome Based Edecation (OBE).

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Rina Remba mengatakan bahwa sejak tahun 2005, kurikulum KKNI dan OBE sudah mulai diterapkan di kampus-kampus ternama, seperti Uni. Sementara USN sendiri baru akan dimulai tahun ini.

“Selama ini USN belum memiliki kurikulum, yang ada hanya kerangka kurikulum dan sebaran mata kuliah. Tahun ini baru kita mau susun kurikulumnya, kita akan tetapkan tahun ini,” katanya.

Melalui Bimtek tersebut, kata Rina Remba, pihaknya didampingi Universitas Sumatera Utara (USU) akan menyusun kerangka Kurikulum KKNI Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan OBE, dan ini juga merupakan salah satu penekanan Permen Ristek Dikti nomor 53 tahun 2023 tentang Standar Penjaringan Mutu Perguruan Tinggi.

“USN berharap, kurikulum OBE tersebut bisa dilaunching dan diterapkan di tahun akademik 2024/2025, yakni di bulan Juli 2024 ini,” katanya.

Untuk diketahui, Outcome Based Education (OBE) merupakan kurikulum yang mengacu pada outcome. Sehingga tidak materi saja yang harus diaplikasikan di dalam kelas, namun juga mempersiapkan bagaimana lulusan (outcome) yang telah dibekali kemampuan untuk menghadapi dunia kerja.

Sehingga, ketika kampus menerapkan kurikulum OBE, artinya kampus tersebut juga ikut mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jadi melalui penerapan program ini, perguruan tinggi akan lebih siap memproyeksikan lulusannya bisa bersaing di dunia global.(*)

error: Content is protected !!