Tim Labfor Polda Sulsel Investigasi Penyebab Kebakaran Gedung Dinas PUPR Mubar

waktu baca 2 menit
Tim Labfor Polda Sulsel gelar investigasi penyebab kebakaran pada Kantor Dinas PUPR Mubar (Dedi/Triaspolitika.id)

MUBAR,TRIASPOLITIKA.ID – Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) sedang melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran yang melanda Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mubar.

Tiga orang dari Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulsel turun langsung melakukan pemeriksaan dan penyelidikan terkait terbakarnya kantor PUPR Muna Barat yang terjadi beberapa hari lalu. Tim Labfor juga dibantu oleh Tim Indonesia Automatic Fingerprint System (Inafis) Polres Muna.

Kasubdit Fisika digital Forensik Bidlabfor Polda Sulsel Kompol Wiji Purnomo, mengatakan hari ini bersama timnya melakukan investigasi penyebab kebakaran yang terjadi di kantor Dinas PUPR Mubar.

“Pukul 14.00 kami melakukan olah TKP bersama kedua rekan saya. Tadi kami hanya melakukan pemotretan dan pembuatan sketsa karena berhubung cuaca tidak tidak mendukung. Untuk sementara penyidikan dihentikan rencana bakal dilanjutkan besok pagi,” terang Wiji Purnomo pada awak media di halaman kantor Dinas PUPR Mubar Rabu, (3/5/2023).

Ia mengungkapkan tahap investigasi di hari pertama pihaknya juga sudah memeriksa beberapa saksi. “Kami juga sudah memeriksa saksi dua orang warga sekitar kejadian dan beberapa dari pegawai di Dinas PUPR ini,” ungkapnya.

Kompol Wiji Purnomo menyimpulkan bahwa investigasi yang dilakukan timnya hari ini adalah melakukan pengamatan umum.

“Hari ini kami masih melakukan pengamatan umum. Kami belum fokus pada menentukan munculnya titik api pertama dan penyebab terjadinya kebakaran, nanti besok pagi kita akan fokuskan. Insya Allah olah TKP nya besok sudah selesai,” tuturnya.

“Untuk sampai pada kesimpulan pembuatan berita acara harus ada pemeriksaan lebih lanjut untuk diselesaikan paling tidak dua atau tiga Minggu hasilnya sudah ada dan dilaporkan pada Kapolres Muna,” sambung Kompol Wiji Purnomo.

Kapolres Muna AKBP Mulkaifin melalui Kasat Reskrim AKP Asrun mengatakan, Polres Muna sengaja mendatangkan tim dari Labfor untuk melakukan penyelidikan terkait kasus kebakaran yang terjadi di kantor Dinas PUPR Mubar.

“Kami meminta pada tim Labfor Polda Sulsel untuk melakukan investigasi pada kebakaran ini,” terang Kasat Reskrim AKP Asrun.

Sementara itu Plt. Kadis PUPR Mubar Muh. Nazirun mengatakan bahwa aktivitas kantor pasca musibah kebakaran tetap berjalan.

“Aktivitas kantor tetap berjalan. Hanya saja untuk digedung yang ini belum ada listrik,” pungkas Nazirun.

Diketahui, Kantor Dinas PUPR Kabupaten Mubar ludes dilahap sijago Merah pada Sabtu (29/4/2023) dini hari. Kebakaran yang menghanguskan gedung tersebut tidak menyisakan apapun termasuk seluruh dokumen.

Reporter : Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!