Terkait Dana PEN, Inspektorat Audit Sebelas OPD Muna

waktu baca 2 menit
Pembangunan stadion olahraga Muna.|Bensar/Triaspolitika.id

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Tim Inspektorat Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara mulai melakukan audit pengunaan dana Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun anggaran 2022.

Pasalnya, sebelas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah menjalani probity audit I. Probity audit merupakan instrumen dalam rangka mencegah terjadinya fraud atau korupsi terhadap anggaran.

Sebelas OPD yang menggunakan dana PEN diantaranya Dinas PUPR, Dispora, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Rumah Sakit dr. L.M. Baharuddin serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Informasi yang dihimpun Triaspolitika.id sejumlah proyek yang bersumber dari dana pinjaman daerah tahun anggaran 2022 hingga kini belum diselesaikan.

Kendati demikian ada beberapa OPD juga dinilai sudah menyelesaikan progres 100 persen, yang saat ini masih menunggu cut off dari Inspektorat.

Kepala Inspektorat Muna La Kuanto mengatakan, saat ini tim dari Inspektorat Muna tengah menindak lanjuti probity tahap satu.

“Sebelum pemeriksaan BPK kita upayakan pekerjaan sudah selesai, sambil kita menunggu hasil profity tahap II,” ungkap La Kuanto, pada Rabu, (18/01/2023).

Lanjut dia, Inspektorat telah melakukan cut off terkait pembangunan stadion olahraga yang melekat di tubuh Dispora Muna dengan total anggaran Rp22 miliar bernilai kontrak Rp21 miliar.

“Kami melakukan cut off sesuai permintaan Kadispora sehingga kegiatan dihentikan sementara,” katanya.

Kepala Dispora Muna, Rahmat Raeba membenarkan permintaan cut off kepada Inspektorat sebagai persyaratan untuk pergeseran anggaran di tahun 2023.

Pekerjaan tersebut bakal dikenakan denda keterlambatan proyek dengan dwnda perhari 1/1000x nilai kontrak. Pekerjaan itu direncanakan 50 hari perpanjangan pekerjaan jika memenuhi syarat.

“Kita tinggal menunggu saja perhitungan cut off, sebab ada ruang untuk melanjutkan pembangunan,” tandasnya.

Reporter: Bensar Sulawesi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Ментальное здоровье как восстановить.
    По мнению немова психотерапия это.
    Ассоциация со цветом человека.

    Определите и сформулируйте точки зрения
    на соотношение биологического и социального в
    человеке тест. Что если человек
    ассоциируется с красным цветом.
    Как ты понимаешь значение понятий индивидуальность и
    сильная личность обществознание 6 кратко.

    Feel free to visit my web site … Психотерапевт

Sudah ditampilkan semua
error: Content is protected !!