oleh

Tanggap Bencana Kebakaran, Lapas Alahan Panjang Gelar Simulasi

SUMBAR, TP – Lapas Alahan Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar simulasi tanggap bencana kebakaran bersama petugas pemadam kebakaran Kabupaten Solok, Senin, (13/9/2021).

Simulasi tanggap bencana kebakaran dilaksanakan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran di lingkungan Lapas.

Simulasi tersebut diperagakan petugas pemadam kebakaran yang diikuti oleh petugas Lapas Alahan panjang.

Kepala Lapas Alahan Panjang, Darwan menuturkan, keamanan dan ketertiban lingkungan Lapas merupakan tanggung jawab yang paling penting.

“Kita tingkatkan kewaspadaan dan kepekaan saat bertugas. Melalui simulasi tanggap darurat kebakaran ini, kita harapkan petugas Lapas dapat mendeteksi dini akan kemungkinan yang tak diinginkan,” jelas Darwan pada Triaspolitika.id Senin, (13/9/2021).

Lebih lanjut Darwan menjelaskan, beberapa materi pada simulasi tersebut diberikan oleh petugas pemadam kebakaran. Selain materi, petugas juga langsung menggelar praktek kebakaran dan cara memadamkan api secara cepat.

“Petugas Lapas diberikan pemahaman tentang jenis-jenis alat pemadam api ringan (APAR) dan kegunaannya. Selain itu, petugas juga diberikan pemahaman tatacara perawatan dan penggunaan APAR hingga teknik pemadaman api,” jelas Darwan.

Darwan berharap simulasi tersebut dapat bermanfaat untuk petugas Lapas, agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat dicegah.

Reporter : Nofriadi

BERITA PILIHAN