Tahun ini Dispenda Konsel terapkan Pembayaran Pajak secara Online

waktu baca 2 menit
Kepala Dispenda Konsel Nisbanurahim.(Kasran/Triaspolitika.id)

KONSEL, TRIASPOLITIKA.ID – Guna maksimalkan sistem optimalisasi pendapatan Daerah melalui pajak, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melakukan percepatan percetakan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

Kepala Dispenda Konsel Nisbanurahim mengatakan, salah satu penunjang percepatan dalam percetakan SPPT untuk optimalisasi pendapatan daerah adalah dukungan fasilitas yang memadai, agar dalam proses tidak mengalami hambatan.

“Jadi jika SPPT cepat dicetak maka secara otomatis penerimaan pajak akan lebih cepat, sebab kalau SPPT sudah terbit dengan demikian kita bisa langsung melakukan penagihan ke masyarakat,” ungkap Nisbanurahim baru-baru ini.

Dukungan lain dalam optimalisasi pendapatan daerah, kata Nisbanurahim yakni melakukan pengembangan pembayaran semua jenis pajak secara online.

“Tahun ini kita akan berlakukan pembayaran pajak secara online di semua jenis pajak yang ada,” jelasnya.

Program tersebut, lanjut Nisbanurahim bertujuan untuk mengurangi kontak langsung dengan wajib pajak dan pengelolah pajak, guna menghindari deal-deal dilapangan.

“Jadi program saya ini bertujuan untuk memperbaiki serta meningkatkan dari sisi pelayanan dan pengawasan pengelolaan pajak,” jelasnya.

Nisbanurahim menambahkan, saat ini yang terdaftar ada 11 jenis pajak, namun yang dikelolah Dispenda Konsel hanya sembilan.

“Yang belum ada pajaknya tapi penetapannya dan sudah diperdakan yakni pajak Sarang burung walet dan pajak air bawah tanah,” tutupnya.

Untuk diketahui pajak yang dikelolah Dispenda Konsel yakni pajak Restoran, Hiburan, Hotel, Reklame, Penerangan Jalan, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),Bea Hak atas Perolehan Tanah dan Bangunan (BPHTB), Parkiran, dan Mineral Bukan Logam (MBL).

Reporter: Kasran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!