oleh

Suara Peternak dan Petani di Jembatani Dewan DPRD Kota Baubau

BAUBAU, TP – Sebagai wakil rakyat, Kunjungan Kerja secara langsung bertatap muka kepada masyarakat Dapil tempat dia terpilih. Masyarakat Petani dan Peternak yang ada di Kota Baubau Khususnya di Kelurahan Melai kelompok Peternak Jangkar Wantiro 2, Kedantangan tamu dari Anggota DPRD Kota Baubau Tenggara, bersama rombongan 4 orang, termasuk Penyuluh Pertanian Kec. Murhum.

Acara yang dilaksanakan di tempat Kelompok Ternak Jangkar Wantiro 2, Lingkungan Piring Muhammad, Lorong Jembatan Beli, Rabu, (28/7/2021). Dihadiri Para Petani dan Peternak Sapi Kel. Melai dalam kegiatan reses tersebut para peternak dan petani bisa bertemu langsung dengan wakil mereka yang duduk di Kursi Dewan Kota Baubau serta berbincang tentang proses pengembangan pertanian dan peternakan yang ada di Kota Baubau.

Ketua Kelompok Ternak Jangkar Wantiro 2, Sariadi mengungkapkan “Kami dari kelompok Ternak mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan Bapak dan Ibu dari pihak Wakil rakyat dan Dinas yang masih mau terus membantu kami dalam peningkatan hasil peternakan kami selama ini,” tuturnya.

Kata Sariadi, Kami selalu peternak yang saat ini, kami butuhkan yaitu perbaikkan Kandang Sapi yang sekarang masih ala kadarnya, kami juga membutuhkan, mesin pemotong rumput odot, dan mesin parut rumput agar sapi – sapi kami yang kurang lebih 40 ekor ini bisa lebih optimal dalam pemberian pakannya.

“Kami juga berharap agar pihak Dewan bisa menambahkan kami bibit sapi unggul yang besar, karena selama ini kami belum ada bantuan sapi dari pihak pemerintah, untuk saat ini, sapi yang kami pelihara adalah sapi orang lain, dengan pembagian secara berkala untuk anak sapinya,” jelas Petrnak sapi yang sudah memasuki tahun ke 4 itu.

Ia menambahkan, saat ini kami masih pengembangan rumput odot, yang menjadi unggulan pakan sapi, kami mengharapkan pihak pemerintah bisa memberikan salah satu program pengembangan rumput odot berskala besar minimal 5 kehter, agar sapi – sapi kami tidak lagi kami gembala jauh dari kandang sapi kami.

“Saat ini lahan dari kelompok ternak kami ada yang sampai 10 hektar, khusus untuk penanaman rumput odot sebagai pakan sapi kami, hanya sayangnya dengan keterbatasan kami, belum bisa kami lakukan secara rutin,” ungkapnya dalam pertemuan reses tersebut.

Ketika berkomunikasi bersama masyarakat peternak dan petani, DPRD Kota Baubau dari Partai Hanura, Noor Gemilang Siradja, S.IP Mengatakan “Kami selaku wakil rakyat, turun langsung ke lapangan tempat dimana masyarakat bekerja agar bisa melihat secara langsung apa saja yang dibutuhkan bagi masyarakat, khsusunya dalam mengembangkan potensi masyarakat di bidang Pertanian dan Peternakan,” tuturnya dalam temu langsung bersama masyarakat petani di Kota Baubau.

Ia menambahkan, dengan ada pertemuan ini, bisa membuka ruang siraturahmi dan keterbukaan informasi publik secara aktual dan terperinci tentang apa yang dibutuhkan masyarakat demi meningkatkan potensi daerah dan ekonomi masyarakat yang ada.

Dalam acara ini, kata Gilang, kami selaku dewan akan menampung aspirasi masyarakat, dan akan kami beritahukan kepada pihak pemerintah termasuk dinas tekait, sehingga dalam program kerja Dinas bisa bersinergi dengan kebutuhan masyarakat yang ada di Wilayah ini.

Dalam kegiatan tersebut, Penyuluh Kecamatan Murhum, Dian Ariyandhini mengatakan “Dari pertemuan kegiatan ini, kelompok Petani bisa lebih bersemangat untuk bekerja, dan Kami dari Penyuluh akan tetap mendampingi dan mendorong Kelompok Tani di Kec. Murhum untuk bisa menghasilkan Tanaman yang berkualitas khususnya sayur mayur yang bebas bahan kimia,” ungkapnya.

Ia Menambahkan, Kelompok Tani di Wilayahnya, selalu menjadi perhatian kami dari Dinas Pertanian hal ini terbukti dengan daftar Petani kami ikut sertakan dalam program 1 juta petani program Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Kami berharap Petani bisa terus berkembang dan maju agar kebutuhan pangan wilayah Kota Baubau bisa lebih terpenuhi secara optimal, termasuk memperjuangkan tempat jualan yang lebih teratur, dan terarah,” jelasnya dalam pertemuan tersebut.

Responden: Hariyadi

BERITA PILIHAN