Sikapi Situasi di Kendari, PWI Imbau wartawan tidak Membuat Berita Provokatif

waktu baca 1 menit
Ketua PWI Sultra, Sarjono

KENDARI, TRIASPOLITIKA.ID – Menyikapi situasi bentrok antar kelompok yang terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis, 16 Desember 2021.

Ratusan Wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara diimbau untuk tidak membuat berita bernilai provokatif.

Imbauan tersebut dikeluarkan secara resmi oleh Ketua PWI Sultra, Sarjono melalui pesan WhatsApp, pada Kamis, 16 Desember 2021.

Ketua PWI Sultra imbau Wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI agar tidak membuat berita provokatif. Wartawan diminta untuk tetap membuat berita yang bersifat empati, damai sesuai kode etik jurnalistik.

Selain itu, Sarjono meminta wartawan agar tetap mempercayai aparat penegak hukum dalam memproses tuntas pelanggaran hukum.

Kata dia, Pers memegang peranan penting dalam menjaga kondusifitas daerah, maka wartawan dituntut menyebarkan informasi yang membawa kedamaian, dengan tetapmenerapkan jurnalisme damai.

”Saya meminta Wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI untuk tidak mudah percaya informasi sepihak, serta jangan mau terprovokasi dengan informasi yang belum tentu kebenarannya,” jelas Sarjono.

Sarjono juga meminta Wartawan untuk di rumah saja jika tidak ada keperluan mendesak atau penting.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!