Setengah Hektar Perkebunan Warga di Ladongi Terbakar

waktu baca 1 menit
Setengah Hektar Perkebunan Warga di Ladongi Terbakar.|Hery/Triaspolitika.id

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Kebakaran terjadi di perkebunan warga sekitaran Gunung Merah, Kelurahan Welala, Kecamatan Ladongi, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara pada Jumat, (20/01/2023) sekitar pukul 18.45 wita malam.

Salah seorang anggota TNI Koramil 14/12-01 Tirawuta Serma Sudana mengatakan, informasi kebakaran lahan perkebunan ia terima langsung dari pemilik kebun sekitar pukul 18.50 wita.

“Kami dapat laporan sekitar habis magrib dari Pak Agus bahwa kebunnya yang ada di gunung merah terbakar,” ujar Sudana kepada Triaspolitika.id Jumat, (20/01/2023).

Hingga saat ini kata Sudana, pihaknya belum mengetahui pasti bersumber api yang menyebabkan kebakaran lahan perkebunan itu.

“Belum diketahui penyebab pastinya. Hanya menurut laporan, api tiba-tiba saja menyala di tengah kebun,” jelas Sudana.

Diketahui, perkebunan tersebut berisi tanaman jati putih yang berusia sekitar dua tahunan. Disekitar kebun tersebut terdapat hamparan alang-alang.

“Kebun itu isinya Jati putih. Disana juga banyak alang-alang,” katanya.

Setelah mendapat informasi tentang adanya kebakaran, Serma Sudana langsung berkoordinasi dengan Polsek Ladongi dan langsung terjun ke TKP untuk membantu memadamkan api.

“Saya langsung koordinasi dengan Polsek Ladongi, tadi ada Pak Awal bersama yang lain, kami sama-sama memadamkan api dengan semprot,” katanya.

Api baru dapat dipadamkan setelah sekitar 30 menit. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun kerugian yang ditaksir mencapai hingga jutaan rupiah.

Reporter : Hery

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!