oleh

Setelah Menuai Konflik, Muhammad Zamrun Kembali Nahkodai UHO

KENDARI, TP – Sempat menjadi tanda tanya dipertarungan pemilihan rektor beberapa pekan lalu, kini Muhammad Zamrun terpilih kembali menjadi Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) periode 2021 – 2025, yang di gelar Sport Center UHO. Rabu, (16/6/2021).

Terpilihnya Muhammad Zamrun sebagai Rektor UHO untuk yang kedua kalinya menahkodai kampus negeri terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra) ini dengan dilakukan pemilihan tertutup oleh umum.

Dari data yang dihimpun oleh tim triaspolitika.id, 3 calon dalam pertarungan pemilihan Rektor UHO yakni, Muhammad Zamrun, memperoleh 121 suara, Buyung Sarita memperoleh 26 suara dan Jamhir Safani memperoleh 21 suara, hingga total suara sah 168 suara.

Rapat tertutup tersebut juga dihadiri dari beberapa perwakilan anggota Menteri yakni, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Dr. Ir. Mustangimah, M.Si.

Saat di temui awak media Setelah terpilihnya Muhammad Zamrun mengungkapkan, pemilihan tersebut sudah selesai maka kita tinggal menyerahkan semua kepada yang berwenang, untuk kedepannya nanti di diskusikan.

“Hari ini kami sudah menyelesaikan proses pemilihan Rektor periode 2021-2025 setelahnya nanti kita bicarakan lagi,” singkatnya.

Sementara itu, Ketua Senat UHO Takdir Saili mengungkapkan, bahwa pemilihan sudah digelar hingga sudah diketahui suara tertinggi.

“Hari ini kami menetapkan rektor terpilih dimana anggota senat yang hadir ada 109 orang dan yang tidak hadir 3 orang, 1 orang sakit, 1 meninggal dunia 1 orang terlambat.
Hingga Setelah dikonfersi 35/65 dikali 109 maka hasilnya kurang lebih 59 sehingga total suara itu 168,” jelasnya.

Lanjutnya, ia menuturkan semua hasil pemilihan akan diserahkan ke rektor, nanti dari rektor akan menyampaikan ke kementrian sekaligus untuk meminta jadwal pelantikan.

“Setelah semua berkas hasil pemilihan kami kumpulkan, akan diserahkan kepada rektor terpilih untuk di tindaklanjuti,” jelasnya.

Reporter: Ahmad

HUKUM KRIMINAL