Satres Narkoba Polres Baubau amankan Tiga Orang Pengedar Narkotika

waktu baca 2 menit
Kapolres Baubau saat menggelar Press conference, Selasa, (25/01/2022). Ahmad/Triaspolitika.id

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil meringkus tiga orang pengedar narkotika jenis sabu. Ketiga pelaku yang diamankan yaitu, SH (22), WAT (42) dan LMN (54).

Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo mengungkapkan, ketiga pelaku diringkus oleh Satres Narkoba setelah sebelumnya melakukan introgasi pada salah seorang anak dibawah umur inisial SY (17), yang juga merupakan penyalahguna narkotika.

“Berdasarkan hasil introgasi kami, inisial SY mengaku jika barang haram tersebut adalah milik SH. Kami kemudian melakukan pengembangan penylidikan, sehingga menemukan tiga orang pelaku,” ungkap Kapolres Baubau saat menggelar Press conference, Selasa, (25/01/2022).

Erwin mengatakan, ketiga pelaku serta satu orang penyalahguna narkotika merupakan warga asal Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau.

“Meski keempat orang tersebut tidak saling kenal, namun mereka satu jaringan dan satu koneksi. Keempat orang juga diringkus dalam waktu yang berbeda,” katanya.

Kata Kapolres dari tangan pelaku, Polisi berhasil mengamankan barang bukti sabu seberat 20 gram. Selain itu, ketiga pelaku merupakan pengedar sekaligus pengguna barang haram yang dibuktikan dengan hasil tes urine positif.

”Dari hasil introgasi kami, para pelaku mengaku mendapat barang haram tersebut diri Kabupaten Muna,” jelasnya.

Lanjut Kapolres, saat ini Tim Satres Narkoba Polres Baubau masih melakukan pengembangan serta melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya.

Sementara itu Kasat Resnarkoba Polres Baubau, AKP Silpanus Solo mengungkapkan, pelaku SY (17) merupakan anak dibawah umur yang berasal dari luar Kota Baubau. SY tinggal disalah satu rumah kontrakan yang ada di Kota Baubau.

”SY merupakan target pertama kami. Karena SY juga sehingga kami berhasil mengungkap ketiga pelaku lainnya,” terang Silpanus Solo.

Karena perbuatannya, ketiga pelaku dikenakan pasal 114 ayat 1 dan atau pasal 112 Ayat (1) subs pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

”Sedangkan SY, karena masih dibawah umur, kemungkinan akan proses rehabilitasi anak, tergantung putusan nanti di Pengadilan,” pungkasnya.

Reporter: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!