oleh

Sambangi Desa Wisata Liya Togo di Wakatobi, Sandiaga Uno : Desa Wisata Buka Lapangan Kerja

WAKATOBI, TRIASPOLITIKA. ID – Menteri Parawisata dan Ekonomi kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Liya Togo di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (25/11/2021).

Desa wisata yang berada di dataran tinggi pulau Wangi-wangi ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dalam kunjunganya, Sandiaga Uno mengungkapkan, keindahan tempat tersebut dapat menarik para wisatawan dan mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Desa ini sungguh luar biasa, dari potensinya hingga kemampuannya menembus lima puluh besar. Kita harapkan ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Wakatobi, membuka lapangan pekerjaan dan insya Allah bisa mendapatkan keberkahan,” terangnya.

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga Salahudin Uno juga memberikan dua mesin obras untuk membantu beberapa pelaku kerajinan serta akses internet gratis selama satu tahun kepada masyarakat desa Wisata Liya Togo.

Pada kesempatan yang sama, bupati Wakatobi, Haliana menjelaskan desa wisata Liya Togo merupakan tempat dengan masyarakat yang menjunjung tinggi budaya dan adat istiadatnya.

Masyarakat desa wisata Liya Togo 90 persen adalah nelayan dan komoditas andalanya ialah rumput laut, di Wakatobi sendiri hampir 2300 sampai 2400 ton setiap tahun yang dihasilkan.

Oleh karena itu, Haliana berharap kebijakan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif juga mengembangkan industri rumput laut ditempat tersebut.

” Maka kami berharap kebijakan-kebijakan dari mas Mentri untuk pengembangan industri, untuk pengembangan rumput laut kita disini, untuk bisa kita maksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat Wakatobi,” harapnya.

Reporter: Moh Lukman Saputra

BERITA PILIHAN