Resmi, KPU Kolaka luncurkan tahapan dan jadwal Pilkada

waktu baca 2 menit

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara resmi meluncurkan tahapan dan jadwal pemilihan Bupati dan wakil Bupati di alun-alun Sembilanbelas November pada Selasa, (25/6/2024). Kegiatan itu turut dihadiri komisioner KPU dan Bawaslu Sultra.

Ketua KPU Kolaka Abdul Rahman mengatakan, peluncuran tahapan Pilkada serentak tahun 2024 sudah dilakukan oleh KPU RI di Jogjakarta serta ditingkat provinsi Sulawesi Tenggara pekan lalu.

Kata dia, KPU Kolaka juga melakukan hal yang serupa yaitu peluncuran tahapan Pilkada.

KPU Kolaka kata Rahman, siap melaksanakan tahapan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kolaka, untuk itu Ia mengajak seluruh masyarakat agar terlibat aktif dan berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya pada bulan November mendatang.

”Pada tahapan persiapan sudah ada beberapa yang dilaksanakan diantaranya pembentukan PPK dan PPS,” ujarnya.

Saat ini kata dia KPU telah memasuki tahapan pengumuman bakal calon yang didahului dengan pengumuman persyaratan bagi calon melalui jalur perseorangan.

Di Kolaka terdapat satu bakal calon Bupati dan wakil Bupati yang mendaftar melalui jalur perseorangan dan saat ini masih dalam proses verifikasi faktual.

Selain itu juga dilakukan pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilakukan oleh petugas Pantarlih mulai tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024 nanti.

“Diharapkan masyarakat dapat memberikan data yang benar kepada petugas saat melakukan pendataan. Kami menyadari bahwa kesuksesan Pilkada nantinya berkat dukungan kita bersama,” jelasnya.

Ia juga berharap agar saling menghargai dalam menyambut pesta demokrasi. Tidak mudah terprovokasi terhadap isu SARA dan berita bohong (hoax) yang kadang begitu cepat bergulir di media sosial.

”Jaga kerukunan dan kedamaian demi tercipta dan terlaksananya pemilihan Bupati dan wakil Bupati secara langsung, umum, bebas dan rahasia,” jelasnya.

Penjabat Bupati Kolaka yang di wakili Kepala oleh kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Muhammad Said mengatakan, Pemerintah memberikan dukungan penuh kepada KPU baik anggaran maupun pemenuhan sumber daya manusia.

“Begitu juga kantor sekretariat PPK dan PPS pemerintah sudah memberikan dukungan bagi badan adhock penyelenggara Pilkada di tingkat bawah serta dukungan lainnya yakni memberikan imbauan kepada aparatur sipil negara agar bertindak netral pada Pilkada nanti,” ujarnya.

Untuk itu sebagai pemerintah daerah, Ia mengajak seluruh masyarakat turut serta menyukseskan tahapan pemilihan kepala daerah serta menggunakan hak pilih nya untuk memilih pemimpin Kolaka di masa yang akan datang.

Sebelum melakukan peluncuran tahapan dan jadwal pemilihan Bupati dan wakil Bupati, KPU Kolaka mengumumkan pemenang sayembara maskot dan jingle Pilkada dimana juara pertama memperoleh hadiah Rp10.000.000, juara kedua Rp7.500.000 dan juara ketiga Rp.5.000.000 untuk masing-masing pemenang.

Reporter: Dekrit

error: Content is protected !!