Puluhan Kontraktor Kolaka Nimbrung, Curhat Kondisi Saat ini

waktu baca 2 menit
Puluhan Kontraktor Kolaka Nimbrung, Curhat Kondisi Saat ini

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Puluhan Kontraktor Kolaka menggelar buka puasa bersama di salah satu Hotel di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Rabu (20/4/2022).

Nimbrung yang dihadiri asosiasi kontruksi serta asosiasi pengadaan barang dan jasa itu, bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama pengusaha kontruksi. Pertemuan itu sekaligus dijadikan momen curhat curhatan terkait kondisi yang dialami kontraktor saat ini.

Ketua Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (GAPEKSINDO) Kolaka, Faisal Manomang menyinggung kondisi ekonomi yang terjadi saat ini.

Kata Faisal, kondisi ekonomi ditenga situasi pandemi COVID-19 saat ini sangat memprihatinkan. Apa lagi dengan lahirnya undang-undang cipta kerja atau Omnibus Law.

”Kita ketahui bersama dengan lahirnya Undang-undang cipta kerja, pengurusan sertifikat Badan usaha (SBU) tidak lagi seperti dulu. Begitu juga dalam pengurusan Kartu Tanda Anggota (KTA) sangat sulit,” ujar Faisal Manomang.

Kata dia, selain sulit, dalam pengurusan KTA juga sangat membebankan para kontaktor. ”Berdasarkan kesepakatan bersama lintas asosiasi yang dilaksanakan di provinsi, biaya pengurusan KTA yang sebelumnya hanya berada dikisaran lima ratusan ribu kini naik, sehingga memberatkan pada kontaktor,” katanya.

Puluhan Kontraktor Kolaka Nimbrung, Curhat Kondisi Saat ini

Berkenaan dengan hal tersebut Faisal meminta para kontraktor di Kolaka untuk tetap menjalin hubungan yang baik, agar segala sesuatu yang dianggap sulit dapat diatasi dengan mudah.

”Harapan kita bersama pertemuan seperti ini, tidak hanya dilaksanakan sekali, namun setiap tahunya dapat dilaksanakn,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua ARDIN (Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distrobutor Indonesia), M. Yunus Wahid mengatakan, buka puasa bersama tidak hanya sebagai ajang silaturahmi antara sesama Kontraktor lokal di Kolaka, kegiata itu juga bertujuan untuk menyatukan pendapat mereka.

”Kami juga sepakat untuk saling membantu antara sesama kontaktor di Kolaka. Selain itu, kami juga bersepakat untuk mengedepankan profesional dibanding ego masing masing,” ujarnya.

Yunus berharap hubungan antara sesama kontraktor tetap terjalin dengan baik. ”Tidak ada saling siku menyiku, kita seprofesi harus menjaga erat asosiasi masing-masing,” pungkasnya.

Diketahui, acara buka puasa bersama itu, dihadiri lima Asosiasi Kontraktor yang terdiri dari Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo), Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi), Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas), Garda Pembangun Nasional (Gapeknas), serta Asosiasi pengusaha Kontruksi Indonesia (Aspekindo). Selain asosiasi kontruksi, turut hadir dari Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distrobutor Indonesia (ARDIN).(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!