PT Antam Tampilkan Produk UMKM Binaan di Pameran Kolaka Expo

waktu baca 2 menit
Antam Tbk Tampilkan Produk UMKM Binaan di Pameran Kolaka Expo.|Jamal/Triaspolitika.id

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – PT Aneka Tambang Tbk UBPN Kolaka Sulawesi Tenggara menampilkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan dalam kegiatan pameran Kolaka Expo tahun 2023 di pelataran Stadion Lapangan Glora Kabupaten Kolaka, (18/02/2023).

Pameran Kolaka Expo merupakan bagian rangkaian kegiatan pemerintah daerah dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kolaka ke- 63.

Mitra UMKM binaan PT ANTAM yang, ibu Nuryani, dengan menampilkan produk kerajinan tangan berupa tas, sementara Ibu suci, menampilkan produk buatan sabun cair yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian dan piring, dan dikemas dalam bentuk botol dengan ukuran 500 mili liter dan 5 Liter.

Tidak hanya itu, Mitra UMKM binaan PT ANTAM lainnya, juga menampilkan berbagai jenis produk kue tradisional, produk madu, abon, minuman tradisional, kopi, dan masih banyak berbagai jenis produk lainnya.

Mitra UMKM binaan PT ANTAM melakukan promosi produk terhadap konsumen yang di Kabupaten Kolaka.

Ibu Suci menjelaskan, jika usaha produk sabun, telah dilakoni sejak tahun 2017 lalu, saat itu ia hanya dapat memproduksi puluhan botol dalam sepekan, hal tersebut dikarenakan modal serta pemasaran yang belum meluas, akan tetapi ia mengakui sejak menjadi UMKM binaan PT ANTAM, jumlah produk yang kami hasilkan dalam sepekan, itu bisa mencapai 1000 botol, beserta pemasaran di antar kabupaten di Sulawesi Tenggara.

“Saya sangat berterima kasih dan bersyukur, dengan adanya PT ANTAM di Kabupaten Kolaka, kami pelaku UMKM sangat terbantu, Antam tidak hanya memberikan bantuan dana, akan tetapi juga memberikan bimbingan, pelatihan, hingga, strategi pemasaran hasil produksi,” ucap Ibu Suci.

Sementara itu, Mitra UMKM binaan PT ANTAM lainnya, ibu Nuryani sangat senang dan bahagia dengan hadirnya PT ANTAM di Kolaka, dimana kelompok usaha kerajinan tangan pembuatan tas, taplak meja, yang dilakoni sejak tahun 2016 hingga 2018, hanya dapat memproduksi 3 hingga 7 sepekan, bahkan pemasaran tidak terlalu lancar.

Namun setelah menjadi mitra UMKM binaan PT ANTAM Kolaka, Semua dirasakan berubah 90 persen. Baik dari segi produksi mau pemasaran.

“Kami sangan bahagia menjadi UMKM binaan PT ANTAM, Karena kami tidak haya mendapatkan modal usaha, namun kami juga diberi ilmu pemasaran melalui pelatihan, sehingga Produksi kami meningkat hingga 10 kali lipat dibanding sebelumnya, bahkan kami telah dimasukan dalam Pemasaran Digital,” jelasnya.

“Kami berharap PT ANTAM selalu diberi kesuksesan, agar dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha,” Tutup ibu Nuryani.

Reporter : A. Jamal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!