oleh

Peryataan Jubir Rapi di Bantah, Lembaga Survei THI Kredibel Terdaftar Persepi

MUNA, TP – Juru bicara (Jubir) pasangan calon LM Rusman Emba – Bahcrun TeRBaik, membantah pernyataan jubir paslon Rajiun – La Pilih (Rapi) terkait peryataannya yang menganggap survey The Haluoleo Institute (THI) tidak akurat.

Padahal, Lembaga Survei THI untuk Pilkada Muna sudah terdaftar secara resmi di KPUD Muna.

Diketahui, pada tanggal 20-26 Oktober 2020
THI telah merilis elektabilitas paslon ber akronim TeRBaik berada di posisi 62,7% mengungguli rivalnya RAPi yang hanya mencapai 31,1%.

“Perlu diketahui THI merupakan lembaga kredibel yang bergerak dalam bidang survey opini publik, THI juga terdaftar dalam suatu wadah perkumpulan resmi Perhimpunan Survey Opini Publik Indonesia (Persepi),” ujar Amir Fariki Juru bicara paslon TeRBaik, Rabu (02/12/2020).

Kata Amir, dari 38 lembaga survey yang tergabung di Persepi telah teruji melakukan survey. tanpa kecuali lembaga survey Barometer Suara Indonesia, yang telah merilis paslon RAPI unggul dari TeRBaik.

Amir menyebut jika lembaga survey BSI tidak terdaftar di KPU, bisa saja membentuk dewan etik untuk mendapatkan penilaian dugaan pelanggaran kode etik terhadap lembaga survei bahkan sanksi pidana sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 dan peraturan KPU (PKPU).

“Berbagai macam spekulasinya soal hasil survei THI. Hanya berdasarkan praduga-praduga tanpa dasar argumentasi yang ilmiah, objektif dan rasional maka kemungkinan besar jubir RAPI lagi ngidam berat,” tutup, Amir sambil tersenyum.

Tim Triaspolitika.id

Komentar

BERITA PILIHAN