oleh

Pernyataan Kades Bangun Sari terkait APBDes dirampas terkesan bohong

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Kaur umum Desa Bangun Sari, Santi membantah pernyataan PJ. Kades Bangun Sari, Munawar yang menyatakan jika dokumen APBDes 2021 dirampas.

“Lebih bagus Ibu kades siapkan dokumen APBDes sebagai persyaratan pencairan, ketimbang membuat cerita yang terkesan membohongi publik,” ujar Santi, Kamis (28/10/2021).

Dikatakan Santi, banyak orang yang menyaksikan kejadian tersebut, yakni ruangan sekertaris Dinas PMD Muna untuk mengevaluasi APBdes.

“Sama sekali tidak ada unsur perampasan, sebab dalam antrian tersebut, terkait penyetor APBDes, tentu ada kades dan sekertaris dalam ruangan tersebut,” katanya.

Santi meminta Munawar untuk segera menyelesaikan dan kembali periksa APBDes dan ADD untuk mencairkan dana tersebut.

Lebih lanjut Santi mengatakan, pada Perdes dan Perkades APBDes di beri tanggal 09 April 2021. Sementara pada tanggal itu evaluasi belum dilakukan. Sehingga tanggal yang dimasukan dalam APBDes banyak yang masih kosong bahakan Ketua TPK belum tanda tangan.

“Sementara APBDes harus di tanda tangan semua tanggal tidak boleh ada yang kosong, karena dokumen sudah selesai tahapan evaluasi. Tidak cairnya ADD akibat ada kesalahan di APBdes dan pagu,” kata Santi.

Sebelumnya 64 orang perangkat Desa Bangun Sari melakukan protes dengan cara menyegel kator Balai Desa, akibat gaji perangkat desa selama sembilan bulan belum dicairkan.

Reporter: Besar Sulawesi

Komentar

BERITA PILIHAN