Peringati May Day, Ratusan Karyawan VDNI dan OSS Diberikan Penghargaan

waktu baca 2 menit
Wakil (GM) PT OSS Mr Wuu saat memberikan keterangannya kepada awak media, saat memperingati hari May Day Internasional, Foto: Kasran

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – May Day merupakan hari memperingati buruh secara Internasional tepatnya setiap tanggal 1 Mei. PT Obsidian Stainless Steel (OSS) dan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) yang terletak di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar hari May Day dengan memberikan penghargaan kepada Ratusan karyawannya.

Tercatat ada sekitar 141 penghargaan diberikan kepada karyawan berprestasi tersebut diberikan kepada PT VDNI, dan 145 karyawan terbaik PT OSS. Kemudian 10 managemen berprestasi PT VDNI, 78 manageman berprestasi PT OSS, 19 tim PT VDNI berprestasi dan 69 tim PT OSS berprestasi.

Wakil General Manager (GM) PT OSS Mr Wuu mengatakan, apa yang diberikan Perusahaan kepada karyawan tentunya salah satu komitmen yang terus didorong untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan karyawan agar selalu berkembang.

“Hasilnya berkolaborasi dengan baik antar kita semua karyawan dan perusahaan. Karyawan kami banyak berprestasi akan meningkatkan kemajuan perusahaan dan kesejahteraan karyawan,” bebernya, melalui translatornya Maimun sekaligus Asisten Manager HRD PT OSS di lokasi kegiatan Hari Buruh di Kawasan PT VDNI, Senin (1/5/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sultra La Ode Ali Haswandi menyebutkan, peringatan hari buruh menjadi refleksi bagi perusahaan dan pemerintah dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi buruh.

Menurutnya, PT OSS dan VDNI merupakan salah satu perusahaan yang mampu menyerap tenaga kerja di Sultra dan mengurangi angka pengangguran.
Sejak 2018 hingga 2022 kemarin, Ali Haswandi menyebutkan total tenaga kerja lokal yang diserap kedua perusahaan tersebut mencapai kurang lebih 20 ribu orang.

“Saat ini kata dia proporsi jumah tenaga kerja asing dengan tenaga kerja lokal sudah lebih banyak tenaga lokal. Meski harus ada kajian soal itu. Tapi setidaknya tidak bisa kita pungkiri peran dari hadirnya dua perusahaan ini,” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Serikat Kerja (Sekar) PT OSS Muhammad Odon mengatakan, pihaknya sebagai wadah resmi buruh perusahaan selalu berupaya memperjuangkan hak buruh serta tetap menjalin koordinasi yang baik dengan perusahaan agar manfaat kehadiran perusahaan ini bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ia berharap, pemerintah provinsi tetap independen dalam menghadapi dinamika permasalahan yang muncul di kawasan perusahaan, sehingga kebijkan yang diambil nantinya tidak merugikan siapapun.

“Kami akan terus kawal kepentingan buruh. Hadirnya kami disini tentunya bisa memperjuangkan hak – hak mereka,” jelasnya.

Reporter: Kasran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!