oleh

Penyederhanaan Birokrasi, Bupati Haliana Lantik 214 Pejabat Struktural Jadi Fungsional

WAKATOBI, TRIASPOLITIKA.ID – Bupati Wakatobi, Haliana melantik 214 pejabat struktural ke dalam jabatan fungsional. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan di halaman Kantor Bupati Wakatobi, pada Jumat (31/12/2021).

Bupati menyampaikan, pelantikan tersebut merupakan penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan jabatan struktural ke jabatan fungsional. Hal tersebut sejalan dengan ketentuan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

 

Haliana mengungkapkan, pelantikan di lingkungan Pemkab Wakatobi ini diikuti oleh 214 pejabat eselon IV. Pengukuhan 214 pejabat fungsional itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Wakatobi. Nomor 740 s.d. 953 Tahun 2021, tentang pengangkatan pegawai negeri sipil dalam jabatan fungsional melalui penyetaraan jabatan.

“Transformasi jabatan itu bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia ASN di Wakatobi. Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaiknya sesuai tupoksi. Salah satu tantangan pengembangan SDM yakni indeks yang masih rendah. Melalui transformasi jabatan ini bisa meningkatkan kualitas SDM di Wakatobi,” ungkapnya.

Lanjut kata dia, ia mengakui jika tantangan SDM aparatur di Wakatobi masih butuh peningkatan. Hal itu tidak terlepas dari status Wakatobi. Beberapa waktu lalu Wakatobi mendapat raport yang kurang memuaskan. Dimana Wakatobi sebagai daerah kurang inovatif.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Wakatobi meminta 214 pejabat fungsional dilantik untuk selalu menjaga amanah dan tanggung jawab sesuai tugasnya. Sehingga layak jika suatu saat mendapat promosi jabatan.

“Selalu menjaga amanah, kerjasama. Sehingga bisa dipromosikan ke level atas. Saya ingatkan, pelantikan ini sebagai amanah yang butuh tanggung jawab. Bukan momentum untuk dibanggakan. Jaga silaturrahmi dan harga menghargai dalam menjalankan tugas karena jabatan tidak abadi,” imbuhnya.

Reporter: Surfianto

BERITA PILIHAN