Pemkab Kolut Salurkan Zakat Maal dan Bantuan untuk Masjid

waktu baca 2 menit

KOLUT, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mendistribusikan bantuan santunan zakat maal kepada para fakir dan miskin.

Penyerahan zakat maal tersebut dilaksanakan di Masjid Raya Desa Latali, Kecamatan Pakue Tengah, diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Kolut Sukanto Toding yang didampingi oleh sejumlah pejabat termasuk Ketua BAZNAS Ajmal Arif, Kepala Pengadilan Negeri Lasusua, Kepala Kementerian Agama Kolut, dan Forkopimda lainnya, Selasa (19/3/2024).

Pj Bupati Kolut, Sukanto Toding mengatakan zakat maal ini berasal dari bantuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dihimpung oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Kegiatan ini bukan hanya soal memberi dan menerima. Lebih dari itu, ini adalah tentang nilai kebersamaan dan kesatuan kita sebagai umat,” ujar Sukanto.

Sukanto juga menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai sarana untuk memperkuat ukhuwah dan solidaritas antar warga. Menurutnya, dana zakat yang terkumpul, baik dari ASN maupun masyarakat luas, adalah bukti dari kepedulian kita bersama.

“Semoga penerimaan santunan ini dilakukan dengan penuh keikhlasan,” harap Sukanto.

Selain pemberian santunan zakat maal lanjut Sukanto, Pemerintah Daerah Kolut juga memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 30 juta untuk Masjid di Desa Pasampang, Kecamatan Pakue. Hal ini merupakan manifestasi dari pemahaman bahwa masjid tak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat pengembangan keagamaan dan kebudayaan di masyarakat.

“Kegiatan pendistribusian zakat ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk lebih menguatkan tali persaudaraan dan kepedulian sosial di antara warga Kabupaten Kolut, sekaligus menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung kebutuhan spiritual dan sosial masyarakat,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, penyaluran santunan zakat akan disalurkan disemua Desa di Kolut. Setiap desa mendapatkan 21 paket santunan dengan total keselurahan mencapai 2093 paket.

Reporter : Fyan

LIHAT POLING BALON BUPATI KOLAKA UTARA TAHUN 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!