Pemkab Koltim Salurkan Bantuan Sosial Penyandang Disabilitas

waktu baca 3 menit
Bupati Koltim Abd Azis saat menyalurkan Bantuan Sosial bagi Penyandang Disabilitas.|Hery/Triaspolitika.id

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara menyerahkan bantuan sosial bagi penyandang disabilitas, pada Kamis (29/12/2022).

Kepala Dinas Sosial Koltim Mariono mengatakan, bantuan yang diserahkan pemerintah merupakan bantuan yang bersumber dari dana APBD Provinsi Sulawesi Tenggara dan APBD Kolaka Timur.

“Untuk APBD Provinsi berjumlah 236 Penyandang Disabilitas sedangkan APBD Koltim berjumlah 447 Penyandang Disabilitas,” jelas Mariono.

Kata dia, penyandang disabilitas mendapat bantuan berupa dana senilai Rp750 ribu dari APBD Provinsi, dan Rp2 juta dari APBD Kolaka Timur.

Mariono berharap, tahun depan 2023 terjadi penambahan bantuan dari Provinsi Sulawesi Tenggara, utamanya bagi rumah tidak layak huni.

“Tahun 2022 ini kita mendapatkan 50 bantuan Rumah Tidak Layak Huni dari pemerintah provinsi, semoga tahun 2023 Pemerintah Provinsi bisa menambah sampai 100 unit,” harap Mariono.

Semenatara itu Kadis Sosial Sultra Martin Efendi mengapresiasi Pemerintah daerah Kolaka Timur atas perhatian dalam pengentasan kemiskinan di Kolaka Timur.

“Bupati kita ini sangat luar biasa perhatiannya untuk mengentaskan fakir miskin di Kolaka Timur, bantuan unt disabilitas dari provinsi itu hanya 750.000, tapi yang disiapkan oleh Pemerintah Kolaka Timur 2.000.000/ KPM” kata Kadis Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara

Bupati Kolaka Timur menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur baru menganggarkan bantuan disabilitas melalui APBD Kabupaten.

“Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur baru kali ini memberikan bantuan Disabilitas melalui APBD Kabupaten, selama ini hanya melalui APBD Provinsi” kata bupati Azis

Bupati Kolaka Timur juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada TKSK se-Kabupaten Kolaka Timur yang telah melakukan pendataan dan verifikasi dengan baik dilapangan.

“Terima kasih untuk TKSK yang telah melakukan pendataan dan verifikasi dilapangan dengan sangat baik sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengam baik, Tahun depan kita naikkan honornya TKSK” kata bupati Azis disambut dengan riuh tepuk tangan peserta dan undangan yang hadir.

Bupati berharap bantuan sosial untuk disabilitas dan yatim piatu dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bermanfaat untuk penerima bantuan.

Sedangkan untuk Kube bupati menyampaikan agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi kelompok dan tidak dikuasai sendiri oleh salah satu orang.

Selain bantuan sosial untuk penyandang disabilitas, anak yatim dan kube saja tetapi pemerintah kolaka timur juga telah menyalurkan bantuan UKM melalui Dinas Perindagkop dan Dinas P3A.
Bupati Kolaka Timur mengajak kepada masyarakat untuk selalu bersatu dan tidak terpecah belah karena isu-isu yang tidak benar.

“Kita jangan merasa kecil, karena yang kecil bisa menjadi besar dan juga kita janhan mengkerdilkan yang kecil sebab hidup adalah solidaritas, saling menopang satu sama lain” kata bupati kolaka timur

Acara diakhiri dengan pemberian bantuan disabilitas secara simbolis oleh Bupati Kolaka Timur, Ketua TP. PKK Kolaka Timur, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Sosial Kolaka Timur, Ketua DPRD Kolaka Timur dan Direktur Bank Sultra Ladongi.

Reporter: Hery

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!