Pemdes Tikonu Bentuk Posyandu Remaja

waktu baca 2 menit
Pemdes Tikonu Bentuk Posyandu Remaja

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Desa Tikonu membentuk pos pelayanan terpadu (Posyandu) Remaja. Pembentukan Posyandu Remaja diinsiasi Dinas Kesehatan Kolaka melalui Puskesmas Kecamatan Wundulako.

Kepala Puskesmas Wundulako, Muhammad Ridwan mengatakan, Posyandu remaja merupakan posyandu berbasis kesehatan, yang diperuntukkan khusus kaum remaja.

Kegiatan ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja.

Menurutnya, masa remaja adalah masa rentan dengan berbagai permasalahan, mulai dari permasalahan diri sendiri, keluarga, hingga permasalahan dengan perkembangan zaman.

“Karena itu perlu ada pendampingan dan pembinaan agar remaja tidak terjerumus pada hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya,” katanya saat sosialisasi pembentukan Posyandu Remaja Desa Tikonu, di kantor desa Tikonu, Rabu (18/5/2022).

Sekretaris Camat Wundulako, Fortunatus yang membuka kegiatan tersebut, mengapresiasi pembentukan posyandu remaja tersebut, dan berharap posyandu remaja tersebut bisa maju dan berkembang bahkan menjadi model atau contoh bagi desa yang lain.

“Saya berharap kelak posyandu remaja Tikonu lebih baik, maju dan tidak mati suri,” tuturnya.

Kepala Desa Tikonu, Sabaruddin T Pauluh menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada jajaran dinas kesehatan dan pihak kecamatan Wundulako yang telah memberi perhatian dan membantu pembentukan posyandu remaja.

Ia mengaku, ketika ditawari pertama kali oleh fasilitator untuk membentuk posyandu remaja. Sempat muncul keraguan apakah kegiatan tersebut bisa diterima dikalangan remaja, mengingat dunia remaja dan anak saat ini lebih banyak bergantung kepada gadget dan sudah kurang peduli dengan lingkungan sosial sekitarnya.

Namun, keraguan tersebut terjawab dengan kehadiran sejumlah remaja dan menyatakan kesediaannya untuk menjadi kader posyandu.

“Mudah-mudahan bisa aktif dan berjalan sesuai harapan dan tujuan dari pembentukan posyandu remaja tersebut,” ujarnya.

Sosialisasi pembentukan posyandu remaja Desa Tikonu, diawali dengan pemaparan materi dari programer posyandu remaja Dinkes Kolaka, Rahmatia.

  • Manfaat Posyandu Remaja

Berkaitan dengan hal ini, posyandu remaja juga menyediakan pelayanan kesehatan, termasuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja.

Meski posyandu remaja biasanya hanya dilaksanakan setiap sebulan sekali, ada banyak manfaat yang dapat diraih dari program ini. Berikut adalah beberapa manfaat dari posyandu remaja.

Dalam pemaparannya, Rahmatia menjelaskan tujuan dan pentingnya posyandu remaja diantaranya; sebagai wadah pemberdayaan masyarakat, khususnya remaja, dalam membekali pengetahuan mengenai kesehatan, mencakup kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa, menanggulangi penyalahgunaan NAPZA, pemenuhan gizi, aktivitas fisik, pencegahan penyakit tidak menular, dan kekerasan pada remaja.

Adapun kegiatan posyandu remaja diantaranya pengecekan kesehatan dan konseling, yang menekankan pada edukasi kesehatan remaja.

Reporter: A. Jamal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!