Pemdes Mulia Jaya Gelar Musdes, Penetapan APBDes 2023

waktu baca 2 menit
Pemdes Mulia Jaya Gelar Musdes, Penetapan APBDes 2023.|Hery/Triaspolitika.id

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Desa Mulia Jaya, Kecamatan Dangia, Kolaka Timur menggelar Musyawarah desa (Musdes) Penetapan Anggaran Pendapatan belanja desa (APBDes) Desa Mulia Jaya tahun Anggaran 2023, pada Rabu, (08/03/2023).

Ketua BPD Mulia Jaya Muhammad Aras mengatakan, APBDes yang dibahas merupakan kelanjutan dari Musyawarah Desa RKPDes yang dilaksanakan pada akhir tahun 2022 lalu.

“Musdes APBDes ini merupakan lanjutan dari Musdes RKPDes di akhir tahun lalu, yang saat itu ada beberapa pembahasan tentang rencana kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2023,” kata Aras.

Sementara itu Camat Dangia I Wayan Gede Edy Sanjaya menyampaikan ada beberapa hal penting dalam menjaga kerukunan antar sesama masyarakat. Untuk itu Edi berharap masyarakat dapat memupuk kesatuan dalam kerukunan.

“Harapan kita semua masyarakat terus memupuk kesatuan kerukunan. Jangan lagi ada gesekan akibat pilkades yang lalu, semuanya sudah berlalu. Mari kita bersatu kembali untuk bersama-sama membangun desa Mulia Jaya menjadi lebih baik lagi,” harap Edy.

Hal senada juga disampaikan Babinsa Mulia Jaya Serma Sudana. Ia juga berharap masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban serta kondusifitas wilayah.

“Saya hanya mempertegas, bahwa kita harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban serta kondusifitas desa. Pilkades sudah selesai, tidak perlu lagi dijadikan bahan untuk membangkitkan konflik di desa,” ujarnya.

Kepala Desa Mulia Jaya Suraji memaparkan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan Tahun 2023 dan dianggarkan dalam APBDes Mulia Jaya Tahun Anggaran 2023.

“Pendapatan Desa Mulia Jaya terbagi dalam 3 anggaran transfer, yaitu DD sebesar 678.569.000, ADD sebesar 297.186.000 dan DSD sebesar 50.000.000,” ujar Suraji.

Anggaran yang masuk ke Desa Mulia Jaya menurut Suraji akan dijabarkan dalam 5 bidang yaitu Bidang Pemerintahan Desa, Bidang Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Masyarakat Desa, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak.

“Kami sudah susun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di Tahun 2023 ini dalam 5 bidang dan sudah dijabarkan dalam Rancangan APBDes Mulia Jaya Tahun 2023 yang Insyaa Allah setelah mendapatkan persetujuan dari BPD hari ini akan ditetapkan sehingga kita bisa mengajukan pencairan DD Tahap satu,” jelas Suraji.

Dalam kegiatan Musdes tersebut dihadiri oleh Camat Dangia, Pendamping Desa, Babinsa, BPD, Aparat Desa, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Perempuan.

Reporter : Hery

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!