Pemda Muna Serahkan 8.649 Sertipikat Tanah

waktu baca 2 menit
Plt Bupati Muna Bachrun danKepala BPN Raha, Lompo Halkam menyerahkan sertifikat tanah secara simbolik digelar di aula kantor Bupati Muna dihadiri Forkompinda, Lurah dan para Kepala Desa.

MUNA, TRIASPOLITKA.ID – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Muna bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Muna, Sulawesi Tenggara menyerahkan 8.649 Sertipikat kepada masyarakat di Aula kantor Bupati Muna, Selasa (12/12/2023).

Sertipikat yang diseahkan merupakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 5.500 dan redistribusi tanah sebanyak 3.149 bidang JD yang diterbitkan untuk tahun 2023 total 8.649 bidang.

Plt. Bupati Muna Bachrun mengatakan, pembagian sertipikat tanah sebagai wujud capaian pemerintah dalam pemenuhan hak kepemilikan yang sah dan legal bagi masyarakat.

“Tentu ini dapat memberikan kepastian hukum kepada masyarakat terkait kepemilikan tanah,” kata Bachrun.

BPN Muna juga kata dia, menyerah sertifikat aset kepada Pemda Muna. “Kami ucapkan terimakasih atas penyerahan sertipikat tanah milik Pemda Muna,” tutur Bachrun.

Menurut dia, Sertipikat adalah bukti resmi atas tanah dan memberikan perlindungan hukum seeta akses yang lebih baik di berbagai fasilitas dan layanan.

Kepala BPN Muna Lompo Halkam mengatakan, tujuan penyerahan sertipikat tanah guna mensosialisasikan kepada masyarakat tentang adanya PTSL.

“Kegiatan yang kami lakukan hari ini baru tahap awal, dalam penyerahan sertipikat tanah kepada masyarakat di kabupaten Muna,” katanya.

“Kami segera serahkan sertipikat tanah kepada memasyarakat di desa masing masing. Ini hanya seremoni sebagai pembukan awal yang diwakili 12 masyarakat penerima sertipikat,” sambung dia.

Ia menjelaskan, tahun 2024 ada PTSL sebanyak  2375 sertipikat. Namun sebelum kegiatan ini dilakukan, akan dibentuk desa desa binaan yang akan menjadi target  PTSL dan redistribusi tanah  di Kabupaten Muna.

“Kami mensosialisasikan lebih awal tentang program PTSL dan SHT di Kabupaten Muna. Kegiatan ini untuk mengurangi dampak dan komplik yang terjadi pada ranah milik masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Bensar Sulawesi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!