Pastikan tidak ada Barang Terlarang, Petugas Rutan Gledah Kamar Napi

waktu baca 2 menit

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Pas-Satuan Operasional Kepatuhan Internal Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka, Sulawesi Tenggara, melakukan penggeledahan di kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rabu, (01/02/2023).

Penggeledahan dipimpin langsung oleh ketua SATOPS PATNAL, Salahuddin didampingi ketua Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Petugas melakukan penyisiran satu-persatu di kamar warga binaan serta badan narapidana.

Penggeledahan dilakukan guna mengantisipasi sekaligus mencegah adanya barang larangan yang diselipkan warga binaan.

Ketua SATOPS PATNAL, Salahuddin mengatakan, penggeledahan senantiasa dilakukan secara rutin sebagai langkah pencegahan dan deteksi dini terhadap kemungkinan-kemungkinan yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban di Rutan Kolaka.

“Kami melakukan penggeledahan terhadap kamar-kamar warga binaan, untuk memastikan bahwa tidak ada barang-barang terlarang seperti Hp, Narkoba, senjata tajam maupun barang terlarang lainnya,” ujar Salahuddin.

Ia mengaku selama ini belum menemukan barang terlarang di kamar warga binaan, kendati demikian petugas Rutan tetap secara berkala melakukan penggeledahan sebagai bentuk kewaspadaan.

Lanjut dia, penggeledahan telah sesuai dengan Standar Operasional (SOP) yang berlaku.

“Saya memerintahkan petugas agar memeriksa dengan seditail mungkin dengan tetap sopan dan humanis,” kata Salahuddin.

Sementara itu Ketua P4GN, Nur Yahya menuturkan, penggeledahan juga dilakukan untuk memastikan bahwa narkoba tidak beredar di dalam Rutan Kolaka.

“Kita terus berkomitmen untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Salah satu langkah pencegahan yang kami lakukan yaitu dengan penggeledahan secara rutin seperti ini,” ujarnya.

Kata dia, deteksi dini merupakan langkah efektif dalam mencegah penyelahgunaan narkoba.

“Selain itu kami juga terus melakukan langkah-langkah preventif dengan melakukan sosialisasi mengenai bahaya narkoba dan juga ancaman pidana bagi pengedarnya,” katanya.

Lanjut dia, penggeledahan dilakukan sebelum dan setelah ada kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNN) Kolaka, dalam program rehabilitasi narkoba bagi warga binaan kasus narkoba.

“Selain itu kami bekerjasama dengan Polres Kolaka dalam rangka sosialisasi dampak hukum dari penyalahgunaan narkoba. Sehingga dengan begitu, warga binaan mendapatkan edukasi tentang narkoba,” kata Nur Yahya.

Dari hasil penggeledahan petugas tidak menemukan barang larangan seperti narkoba, telepon genggam maupun senjata tajam.

“Tak lupa juga petugas mengingatkan warga binaan untuk mengikuti peraturan yang ada serta senantiasa mengikuti pembinaan dengan baik,” tandasnya.

Reporter : A. Jamal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!