KPU Baubau Bakal Melakukan Sosialisasi Jelang Pemilu 2024

waktu baca 2 menit
Ketua KPU Kota Baubau Edi Sabara. (Arif/Triaspolitika.id)

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, berencana dalam waktu dekat bakal melakukan sosialisasi persiapan Pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ketua KPU Kota Baubau Edi Sabara mengatakan, sejak ditetapkankannya tahapan Pemilu pada 14 Juni 2022, serta ditetapkannya peraturan KPU RI nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu, KPU Baubau berencana melakukan berbagai kegiatan tahapan.

Tahapan yang dimaksud yaitu, mulai dari sosialisasi kepada partai politik yang akan mendaftar, hingga beberapa tahapan lainnya.

“Pendaftaran partai akan dilakukan di KPU RI mulai tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022 mendatang,” kata Edi pada Triaspolitika.id, Selasa, (19/7/2022).

Meski pendaftaran Parpol dilakukan di KPU RI, namun kata Edi Parpol akan di verifikasi faktual oleh KPU Kabupaten atau Kota.

“Semua partai akan kita lakukan verifikasi faktual usai melakukan pendaftaran partai di KPU RI,” imbuhnya.

Sejauh ini kata dia, beberapa partai politik sudah bertandang ke KPU Baubau untuk melakukan konsultasi terkait kesiapan partai yang akan lolos nantinya, usai verifikasi faktual.

“Pengurus partai berkonsultasi terkait tata cara pendaftaran, alur serta persyaratan, termaksud cara penggunaan Sipol,” jelas Edi.

Lanjut Edi, partai politik yang akan mendaftar, bakal melakukan aktivasi melalui website resmi KPU bernama SIPOL (sistem informasi partai politik).

”Sebab, saat ini sistem pendaftaran terpusat atau satu pintu lewat Sipol. Jika pendaftaran sudah dilakukan tanpa ada kendala, barulah KPU Baubau mulai menjalankan verifikasi administrasi hingga faktual,” tandasnya.

Reporter: Arif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!