Kasus Dugaan Pemerkosaan di Kaledupa Ditangani Secara Prosedural dan Serius Oleh Pihak Kepolisian

waktu baca 2 menit
Kasat Reskrim Polres Wakatobi, IPTU Juliman, S. IPem., SH., MH di ruang kerjanya, pada Kamis (27/1/2022). Foto: Anto/Triaspolitika.id

WAKATOBI, TRIASPOLITIKA.ID – Polres Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, serius menangani kasus dugaan pemerkosaan yang terjadi di Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi.

Kapolres Wakatobi AKBP Suharman Sanusi, SIK melalui Kasat Reskrim IPTU Juliman, S. IPem., SH., MH mengatakan Polres Wakatobi serius menangani kasus dugaan pemerkosaan tersebut, dari sejak awal laporan diterima aparat sudah bekerja untuk mengumpulkan bukti-bukti dan mencari keberadaan pelakunya baik siang dan malam namun pelaku melarikan diri. Proses penanganannya sudah dilaksanakan secara prosedural melalui proses tahapan penyelidikan, penyidikan, gelar perkara dan penetapan tersangka. Jadi tidak ada pembiaran, dalam penanganan perkara tersebut.

Sebagaimana Laporan Polisi Nomor LP/26/XII/2021/Sultra/Res Wakatobi/Sek Kaledupa tertanggal 22 Desember 2021, dengan terlapor adalah Riwan alias La Tugi bin La Amusi.

“Terhadap laporan dugaan kasus pemerkosaan tersebut, telah dilakukan rangkaian penyelidikan dan penyidikan secara prosedural hukum dengan mengumpulkan bukti-bukti dan telah melakukan gelar perkara. Pelaku bersembunyi, melarikan diri dan sekarang ini hasil penelusuran kami sudah berada di luar kabupaten Wakatobi,” kata IPTU Juliman pada Kamis (27/1/2022).

Lanjut kata Juliman, kepada pihak keluarga korban agar tetap mempercayakan penanganan kasus ini kepada pihak kepolisian. Memang ada hambatan dalam penanganan perkara tersebut karena pelakunya melarikan diri, akan tetapi proses penanganannya telah ditangani secara serius dan prosedural. Kepada pelaku agar segera menyerahkan diri kepada pihak kepolisian karena dimanapun dia melarikan diri pasti akan dicari sampai diketemukan. Kepada masyarakat agar mohon partisipasinya apabila mengetahui keberadaan tersangka agar disampaikan kepada pihak kepolisian terdekat.

“Yang bersangkutan sudah ditetapkan tersangka dan akan ditetapkan daftar pencarian orang (DPO). Sekarang ini proses pemenuhan syarat formal DPO sedang dilengkapi oleh penyidik. Sekali lagi saya menghimbau kepada pelaku agar segera menyerahkan diri karena dimanapun dia melarikan diri pasti kami akan kejar,” ungkapnya.

Kepada keluarga korban, kata Juliman, agar mempercayakan penanganan kasus tersebut kepada pihak kepolisian saat ini penyidik sedang fokus melakukan pencarian keberadaan pelaku.

“Polres Wakatobi bersama Resmob Ditkrimum Polda Sultra telah membackup penyidik polsek Kaledupa guna melakukan pencarian terhadap tersangka, ” ungkapnya.

Reporter: Anto

error: Content is protected !!