Kasat Lantas Kolut: Motor Listrik Bakal Ditindak

waktu baca 2 menit
Ilustrasi Motor Listrik

KOLUT, TRIASPOLITIKA.ID – Kendaraan Motor Listrik kini menjadi salah satu moda transportasi yang banyak diminati masyarakat. Khususnya masyarakat di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Namun, pengguna sepeda motor listrik tersebut harus mengetahui aturan jika ingin menggunakannya di jalan raya.

Kasat Lantas Polres Kolut, Iptu Syarif mengatakan, setiap pengendara baik motor maupun mobil harus mematuhi aturan lalulintas. Begitupun dengan motor listrik.

Menurut Syarif, penggunaan sepeda atau motor listrik di jalan raya juga memiliki aturan tersendiri.

“Kalau dalam aturannya, pengguna motor listrik harus sudah berumur 12 tahun keatas. Jika digunakan oleh anak, harus didampingi oleh orang tua atau orang dewasa dan harus menggunakan helm. Motor listrik juga harus terdaftar di Samsat,” kata Syarif, Selasa (14/6).

Lebih lanjut Syarif menjelaskan, penggunaan motor listrik ini tidak direkomendasikan di jalan raya. Sebab dapat mengganggu pengguna kendaraan lain.

“Sebenarnya motor listrik ini tidak layak digunakan di jalan raya. Cocoknya hanya di komplek atau halaman rumah. Beda di kota besar yang telah ada jalur khusus untuk motor dan sepeda listrik,” katanya.

Pihak Lantas sendiri kata Syarif tetap akan melakukan penertiban maupun penindakan kepada pengguna motor listrik yang melanggar aturan lalulintas.

“Namun sebelum kita melakukan penertiban, kita beri dulu imbauan-imbauan kepada pengguna motor tersebut. Karena kita lihat pengguna motor ini di Kolut sudah marak, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak dinginkan. Baik itu pemilik maupun orang lain,” pungkasnya.

Reporter : Fyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!