oleh

Karateka Sultra Asal Mubar Sukses jadi Atlet Best of The Best dan Raih Emas di TKC

KENDARI, TRIASPOLITIKA.ID – Atlet Karate Wadokai asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses menyabet 11 medali emas dan 5 medali perak dalam Kejuaraan Ternate Karate Championship (TKC) yang digelar sejak 17 – 19 Desember 2021 lalu.

Kejuaraan TKC tersebut digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ternate (Hajat) ke-771 Tahun 2021 serta memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Ternate, Ketua Forki Provinsi Maluku Utara dan Ketua Umum KONI Kota Ternate.

Amril Sabara selaku Dewan Guru PB Wadokai Sultra mengatakan, prestasi gemilang tersebut tidak luput dari ketekunan para atlet selama mengikuti program pemusatan latihan.

“Jadi, kurang lebih empat bulan mereka ditempatkan di Dojo Wadokai yang berlokasi di Citra Land Kendari. Dan kami fokuskan pada teknik, penguatan fisik dan juga mental mereka,” terang Amril. Senin (20/12/2021).

Hasil dari pemusatan latihan kurang lebih empat bulan tersebut, salah satu atlet binaan Amril Sabara asal Mubar yang bernama Arcan Adia Tama suksee keluar sebagai jawara.

Anak dari pasangan La Ode Acci dan Wa Ani ini berhasil menumbangkan karateka andalan Halmahera Barat pada partai final dengan skor telak 7-3 dalam perebutan Best Of The Best.

“Alhamdulillah, Arcan mampu menunjukan kualitas permainannya. Ini tentu merupakan wujud komitmen kami guna meningkatkan prestasi atlet di cabang olahraga karate di Sultra,” paparnya.

Amril melanjutkan, kedepan pihaknya akan lebih intens melakukan pembinaan terhadap atlet potensial.

“Sebab, pembinaan terstruktur dan sistematis merupakan kunci kesuksesan dalam mewujudkan prestasi atlet,” katanya.

“Jadi untuk mengukir prestasi dikancah Daerah, Nasional maupun Internasional, tentunya membutuhkan pelatih yang serius dan bertanggung jawab kepada atletnya, bukan mencari keuntungan,” tegas Amril Sabara.

Diketahui, dalam kejuaraan tersebut Wadokai Sultra menurunkan 14 atlet. Dimana medali yang didapatkan mulai dari kategori pemula, cadet hingga senior.

Sementara itu, La Ode Acci selaku orang tua dari Arcan Adia Tama mengaku bangga atas prestasi yang diukir oleh putranya.

“Sebagai orang tua tentunya saya sangat bangga atas prestasi yang ia raih, namun dengan prestasi ini saya berharap Arcan tetap rendah hati dan tetap selalu berlatih untuk prestasi yang lebih gemilang,” imbuhnya.

Reporter: Dedi

BERITA PILIHAN