Istri Sirih Safiun Status ASN P3K Dilaporkan di BKPSDM Wakatobi Terkait Pelanggaran Kode Etik ASN

waktu baca 2 menit
Nurhayati istri sah Safiun, ST saat melaporkan istri sirih Safiun, ST kepada Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Wakatobi, Hasan di ruang kerjanya. Pada Rabu (26/1/2022). Foto: Anto/Triaspolitika.id

WAKATOBI, TRIASPOLITIKA.ID – Nurhayati (43), seorang perempuan asal pulau Tomia, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, mendatangi Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Rabu (26/1/2022).

Kedatangannya untuk melaporkan ASN P3K pada SDN 1 Timu, kecamatan Tomia Timur, atas nama Neli Kusmita Sidik yang dikenal dengan panggilan Wa Haji di Pulau Tomia.

“Kalau guru menjadi istri sirih dan tinggal tanpa ada ikatan sah sama saja dengan mencoreng dunia pendidikan. Lagi pula ini akan menjadi pembelajaran bagi para guru honorer atau PPPK bahwa nikah sirih adalah hal biasa di Kabupaten Wakatobi, ” ungkap Nurhayati.

Perempuan berusia 43 tahun tersebut datang dengan membawa surat pengaduan dan bukti atas pernikahan sirih suaminya dengan perempuan atas nama Wa Haji.

“Kesini saya membawa surat pengaduan. Selain itu juga bukti-bukti,” ujar Nurhayati usai melapor di BKPSDM.

Sementara itu Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Wakatobi Hasan,
membenarkan laporan pengaduan Nurhayati yang tidak lain adalah istri sah Safiun, ST.

“Kami kaji dulu laporan pengaduannya, setelah itu kami telaah dan balas suratnya ibu Nurhayati. BKPSDM Wakatobi serius dalam menangani persoalan ini, ” pungkasnya.

Untuk diketahui, bahwa dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 1983 dan Peraturan Pemerintah Nomor 45 tahun 1990 tentang ijin perkawinan dan perceraian bagi PNS.

Reporter: Anto

error: Content is protected !!