Hakim Tolak Gugatan Praperadilan di Baubau, Penetapan Tersangka Dinilai Sah Secara Hukum

waktu baca 2 menit
Putusan tersebut dibacakan Hakim Tunggal Rachmad La Hasan di Pengadilan Negeri Kota Baubau, Kamis (16/03/2023).|Ahmad/Triaspolitika.id

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Hakim Pengadilan Negeri Kota Baubau menolak permohonan praperadilan yang dilayangkan oleh kuasa hukum terduga pelaku pencabulan anak di bawah umur.

Putusan tersebut dibacakan Hakim Tunggal Rachmad La Hasan di Pengadilan Negeri Kota Baubau, Kamis (16/03/2023).

Hakim menyatakan penetapan tersangkan yang dilakukan termohon, Polres Baubau, terhadap terduga pelaku pencabulan anak di bawah umur adalah sah secara hukum.

”Menimbang dalam hal itu maka permohonan praperadilan pemohon ditolak untuk keseluruhannya. Menimbang bahwa permohonan praperadilan ditolak maka penetapan tersangka oleh termohon atas diri pemohon adalah sah sesuai aturan hukum,” kata Hakim Rachmad saat membacakan hasil praperadilan, Kamis (16/03/2023).

Hakim berpendapat, berdasarkan fakta persidangan bahwa penetapan tersangka yang dilakukan oleh penyidik Polres Baubau sudah melalui berbagai macam pertimbangan dan alat bukti.

Dalam perkara itu, Polres Baubau berkeyakinan bahwa terduga pelaku memang telah melakukan pencabulan anak di bawah umur. Terduga pelaku sendiri merupakan kakak dari dua korban yang masing masing berusia 4 dan 9 tahun.

Kuasa hukum dari tersangka menghormati keputusan hakim. ”Keputusan hakim merupakan keputusan tertinggi. Namun, untuk membuktikan tersangka itu melakukan atau tidak, nanti kita uji dipersidangan materil,” ujar pengacara pelaku ditemui usai persidangan.

Sementara itu kuasa hukum Polres Baubau Ipda Muhamad Rizal mengatakan, pertimbangan hukum dari hakim tunggal dalam persidangan sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Dalam hal penetapan tersangka maka yang diuji adalah ada tidaknya dua alat bukti yang sah sesuai dengan Pasal 184 ayat 1 KUHP,” jelasnya.

Kata dia, adanya keterangan saksi-saksi dan surat hasil visum serta keterangan dari pemohon selaku tersangka meyakinkan penyidik untuk menetapkan tersangka kepada pelaku.

”Tersangka juga dalam keterangannya mengakui atas perbuatannya secara materil,” tandas Rizal.

Reporter : Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!