Hadirkan Apoteker, Pemda Koltim Gelar Workshop Perizinan Apotek dan Toko Obat

waktu baca 2 menit
Pemda Koltim Gelar Workshop Perizinan Apotek dan Toko Obat.Sumber: Kominfo Koltim

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama Ikatan Apoteker Indonesia cabang Koltim meggelar workshop di Aula Kantor Bupati Koltim, Selasa (12/4/2022).

Workshop yang bertema Implementasi regulasi praktik, perizinan apotek dan toko obat Via OSS RBA itu, dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Koltim.

Bupati Kolaka Timur Sulwan Aboenawas dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Arisman mengatakan, bahwa kesehatan masyarakat adalan salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pemerintahan suatu daerah.

Hal itu ditandai dengan besarnya perhatian pemerintah dalam memastikan bahwa masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan yang baik terkhusus, di Kolaka Timur.

Kata dia, Hal tersebut juga sejalan dengan misi pemerintah kabupaten Kolaka Timur, yakni peningkatan aksebilitas, pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Pemda Koltim Gelar Workshop Perizinan Apotek dan Toko Obat.Sumber: Kominfo Koltim

“Salah satu aspek pelayanan kesehatan yang harus ditingkatkan dan dijaga mutunya, yaitu obat-obatan yang dikonsumsi oleh masyarakat,” ujarnya.

Kata dia, obat adalah zat yang bisa berasal dari senyawa kimia ataupun herbal, apabila dikonsumsi dapat menyebabkan perubahan fisiologi bagi yang mengonsumsinya.

”Khasiatnya yang bisa mencegah atau menyembuhkan penyakit tentu masyarakat akan selalu mengonsumsi obat,” katanya.

Yang perlu diperhatikan kata dia, bahwa obat harus dikonsumsi secara rasional atau sesuai aturan pakai yang dianjurkan karena apabila mengonsumsi obat tidak teratur maka akan menimbulkan afek samping yang tentu berbahaya bagi yang mengonsumsinya.

Menurutnya, sangat diperlukan tenaga-tenaga ahli dalam bidang kefarmasian seperti apoteker serta asisten apoteker yang memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat tentang obat-obatan.

”Ini baik dalam menjaga mutu dan menjelaskan dengan baik tentang khasiat dan efek samping dari obat-obatan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat terkhusus bagi masyarakat khususnya di Koltim,” terangnya.

Pemda Koltim Gelar Workshop Perizinan Apotek dan Toko Obat.Sumber: Kominfo Koltim

Kata dia, Obat di atur dalam perundang-undangan dan diawasi oleh pemerintah dalam peredarannya di masyarakat. sarana yang sering didatangi oleh masyarakat untuk mendapatkan obat adalah apotek dan toko obat.

”Kedua sarana ini memiliki syarat-syarat penting dalam izin operasionalnya yang mengedapankan mutu dalam menjaga kualitas obat sehingga masyarakat mendapatkan obat dengan kualitas dan khasiat yang baik,” tuturnya.

Dengan adanya sarana apotek dan toko obat tidak hanya menguntungkan di sector kesehatan tetapi juga berpengaruh di sector ekonomi kerena dengan adanya kedua sarana ini merupakan bentuk investasi kepada daerah khususnya di Koltim.

Reporter: Dhery Hermansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!