oleh

Hadiri Acara Puncak HPN 2021, Ali Mazi Harap Insan Pers Lakukan Kerja Nyata Untuk Pembangunan Daerah

KENDARI, TP – Gubernur Sultra Ali Mazi menghadiri acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang di laksanakan secara virtual dari Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Selasa (9/2/2021).

Dalam kegiatan tersebut juga di ikuti oleh Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh, Sekda Sultra Nur Endang Abbas, Kadis Dikbud Sultra Asrun Lio, Kadis Kominfo Sultra Ridwan Badallah, dan beberapa unsur Forkopimda.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko widodo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada insan pers yang telah membantu pemerintah dalam mensosialisasikan protokol kesehatan ke masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih kepada insan pers yang selama ini telah membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat untuk menaati protokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang tepat,” ucapnya.

Jokowi mengungkapkan, pemerintah telah menggodok aturan untuk mengawal perusahaan media mendapatkan dana insentif di masa pandemi covid-19.

“Kita tahu pandemi covid-19 telah berdampak terhadap semua pihak termasuk industri pers. Oleh karena itu, kita akan berikan insentif kepada para insan pers,” jelasnya.

Lanjutnya, Pemerintah juga punya program untuk melaksanakan vaksinasi kepada awak media. Jokowi membeberkan, pemerintah menyiapkan 5000 stok vaksin untuk wartawan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, perayaan HPN 2021 di masa pandemi bisa menjadi fasilitator membangun sinergitas yang lebih kuat antara insan pers, pemerintah dan masyarakat.

“Meskipun masa pendemi masih terus kita alami termasuk di Jakarta, insan pers terus bertugas, terus mengambil peran walaupun harus meninggalkan keluarga untuk memberikan informasi yang aktual kepada masyarakat,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan di momentum HPN 2021, insan pers di harapkan bisa menyajikan informasi kepada masyarakat yang sifatnya membangun.

“Kita kan sudah sekian puluh tahun merdeka, harusnya kita lebih mengedepankan dialog ketimbang hal-hal yang tidak bermanfaat untuk membangun daerah. Saya kira itu yang di tanamkan oleh insan pers. Makanya tiap tahun ada perayaan hari pers agar insan pers melakukan kerja – kerja nyata,” ungkapnya, pasca mengikuti puncak perayaan HPN 2021.

Lanjutnya, terkait insentif untuk insan pers, pihaknya akan membahas terlebih dahulu dengan DPRD Sultra agar insentif itu di masukkan dalam APBD.

“Kan harus di anggarkan terlebih dahulu, makanya harus kita bangun dulu komunikasi agar itu semua bisa terakomodir.” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Sultra Ridwan Badallah mengatakan, momentum HPN 2021 bisa menjadi stimulus bagi insan pers di Sultra agar lebih kompeten dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.

“Harapannya HPN ini adalah momen bagi insan pers Sultra untuk lebih credibel dan kompeten dalam menyampaikan informasi yang aktual dan terkonfirmasi,” terangnya.

Reporter: Ahmad

HUKUM KRIMINAL