Gubernur Sultra Terkesan Melihat Praktik Pertambangan PT Vale

waktu baca 2 menit

SOROWAKO, TRIASPOLITIKA.ID – Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi mengaku terkesan dengan praktik pertambangan yang diterapkan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale). Hal tersebut diungkapkan Ali Mazi saat berkunjung ke operasi pertambangan terintegrasi PT Vale di Sorowako, Luwu Timur, selama dua hari mulai Kamis (25/5/2023) hingga Jumat (26/5/2023).

Sejak awal tiba, Ali Mazi memuji serangkaian program dan briefing terkait aspek keamanan dan keselamatan kerja yang diterapkan PT Vale.

“Saya sangat terkesan dengan infrastruktur, semua tertata rapi dan indah. Kemudian, saya juga terkesan dengan bagaimana PT Vale memelihara lingkungan. Semua diolah dengan baik,” ungkap Ali Mazi.

Ali Mazi menjelaskan, perusahaan-perusahaan pertambangan lainnya juga memiliki potensi menerapkan praktik pertambangan berkelanjutan seperti PT Vale. Bahkan, dia menegaskan agar seluruh perusahaan pertambangan bisa mencontoh apa yang dilakukan PT Vale.

“Kalau semua perusahaan tambang seperti PT Vale, Indonesia akan menjadi negara terkaya, menurut saya,”jelasnya.

Ali Mazi juga berharap, praktik serupa dibawa oleh PT Vale di daerahnya, di Sulawesi Tenggara, melalui proyek pengembangan yang baru saja diresmikan pada November 2022 silam.

“Kita juga bisa melakukan sosialisasi untuk praktik pertambangan berkelanjutan untuk tambang-tambang di sana (Sulawesi Tenggara). Harapan saya, semoga manajemen pertambangan di Sorowako ini juga diterapkan di sana,” ungkapnya.

Sementara, CEO PT Vale Febriany Eddy mengaku kunjungan gubernur ini adalah sebuah penghargaan bagi perseroan. “Ini adalah kehormatan dan apresiasi luar biasa dari banyak pihak yang telah datang dan melihat langsung praktik pertambangan berkelanjutan PT Vale. Ini menjadi sumber motivasi dan energi untuk kita menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.

Febry juga menyampaikan, perseroan selalu terbuka untuk pihak-pihak yang ingin melihat langsung praktik pertambangan berkelanjutan.

Selain berharap agar komitmen keberlanjutan PT Vale dapat lebih luas diterapkan dan bermanfaat, Febry juga berharap, kunjungan-kunjungan yang ada menjadi sarana PT Vale untuk menerima masukan yang berharga.

Saat berada di PT Vale Ali Mazi memulai kunjungannya ke Taman Kehati Sawerigading Wallacea untuk melihat fasilitas persemaian dan sarana yang dibangun perseroan untuk menjaga keanekaragaman hayati. Ali Mazi bersama rombongan juga berkesempatan menanam pohon ditempat itu.

Setelah dari tempat itu, Ali MAzi bersama rombongan menuju salah satu Control Room PT Vale dan mengamati instrumen yang digunakan untuk mengawasi jalannya praktik pertambangan.

Kemudian, Ali Mazi berkunjung ke Bukit Solia. Di lokasi tersebut dia melihat proses penambangan bijih nikel, sekaligus mengamati lahan reklamasi dan rehabilitasi pasca tambang PT Vale.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!