oleh

Gempa Berkekuatan 3,2 SR Guncang Kota Raha

MUNA, TP – Gempabumi berkekuatan 3,2 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Raha. Akibatnya, beberapa warga yang bermukim di wilayah itu berlarian karena panik, Selasa (8/12/2020).

Gempa terjadi sekitar pukul 20:53 Wita, dengan titik lokasi 4.68 Lintang Selatan (LS), 122.67 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada 17.9 Kilometer (KM) Barat Laut kota Raha dengan kedalaman 5 KM.

Gempa juga dirasakan oleh sejumlah warga yang bermukim di pinggiran kota Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Sarlin mengatakan sempat panik, karena getaran gempa cukup terasa didalam rumah. “Kaget, tiba-tiba rumah bergetar,” ujar warga Jalan Made Sabara, Kecamatan Batalaiworu. Selain masyarakat berkumpul dihalaman rumah untuk mengantisipasi gempa susulan.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amalia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Buton Segmen A di Barat Laut Raha.

Hingga pukul 21.20 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Liputan : Tim Triaspolitika

Komentar

HUKUM KRIMINAL