FKIP USN Bimtek Integrasi Kurikulim KKNI Menuju Kurikulum MBKM

waktu baca 2 menit

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait integrasi kurikukulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), menuju kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Auditorium USN Kolaka, Senin (15/11/2021).

Bimtek tersebut dibuka langsung Rektor USN Kolaka, Dr Azhari dengan menghadirkan pemateri dari kepala pusat sistem pembelajaran dan kurikulum LPPMP UHO yang juga duta MBKM, Indriyani Nur, S.Pi, M.Si, Ph.D.

Kegiatan tersebut juga diihadiri wakil rektor, Dekan, Prodi dan para dosen lingkup FKIP USN Kolaka.

Indriyani Nur, S.Pi, M.Si, Ph.D, selaku pemateri mengatakan, kurikulum MBKM merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. “Kurikulum ini masih sosialisasi dengan memberikan petunjuk mengenai MBKM dimasukkan ke dalam kurikulum,” ungkapnya.

Menurutnya, sesuai Permendikbud nomor 3 tahun 2020 yang memuat delapan program MBKM, yakni Pertukaran Pelajar, Magang/Praktik Kerja, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen dan Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik.

“Bagaimana menyesuaikan tersebut yang kemudian menghasilkan SKS dan SKS ini yang diakui dalam kurikulum tersebut. Jadi dalam program ini perlu kerja program studi yang lebih karena kita diamanatkan untuk itu membantu dan memfasilitasi mahasiswa dalam program MBKM ini,” tandasnya.

 

Reporter: Dekrit

error: Content is protected !!