Dinas Peternakan Koltim mulai gencar vaksinasi hewan ternak

waktu baca 2 menit
Dinas Peternakan Koltim mulai gencar vaksinasi hewan ternak.|Hery/Triaspolitika.id

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (DTPP) Kabupaten Kolaka Timur mulai melaksanakan vaksinasi pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak di wilayah Kolaka Timur.

Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Kolaka Timur Ridwan menuturkan, kegiatan vaksinasi hewan ternak merupakan dukungan dari Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Beberapa hewan ternak yang menjadi target vaksinasi PMK diantaranya Sapi, Kambing dan Babi. Secara teknis, vaksinasi dilakukan secara bertahap sebanyak tiga dosis per hewan,” kata Ridwan di Desa Lere Jaya, Lambandia pada Jumat, (6/10/2023).

Rentang waktu pemberian dosis pertama dan dosis kedua kata dia, dilaksanakan empat minggu pasca vaksin dosis pertama.

”Sedangkan dosis ketiga dilakukan enam bulan setelah pemberian vaksin dosis kedua. Vaksinasi pada ternak kambing dan babi dilakukan setelah vaksinasi pada ternak sapi mencapai 70 persen dari target yang ditentukan,” jelasnya.

“Hasil kolaborasi yang baik antara kelompok ternak yang ada di Kolaka Timur dengan rekan-rekan vaksinator di lapangan. Mereka juga sudah menuntaskan 16.165 dosis untuk ternak sapi dan 150 dosis untuk ternak babi per September 2023. Angka ini diperoleh dari aplikasi pelaporan vaksinasi SIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Indonesia),” sambung Ridwan.

Lebih lanjut Ridwan menjelaskan, kegiatan vaksinasi dapat berjalan atas dukungan berbagai pihak dan arahan Bupati Kolaka Timur melalui program GEMAS atau gerakan membangun dan melayani masyarakat.

“Kita berharap kedepan capaian kita bisa meningkat bahkan melampaui target tahun ini. Sehingga dampak PMK yang merugikan peternak dapat dicegah semaksimal mungkin,” tandasnya.

Reporter: Hery

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!