Diduga Palsukan Dokumen, PT CSM Dilapor Polisi

waktu baca 1 menit
Diduga Palsukan Dokumen, PT CSM Dilapor Polisi

KOLUT, TRIASPOLITIKA.ID – PT Citra Silika Mallawa (CSM), dilaporkan ke Polres Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kolut.

PT CSM dilaporkan atas dugaan pemalsuan sejumlah dokumen dengan menyulap lahan garapan tambang dari 20 hektar are menjadi 450 hektar are yang berlokasi di Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua.

Ketua umum HMI cabang Kolut, Rafsan Jani mengatakan, HMI telah melaporkan hal tersebut ke Polres Kolut.

“Kami sudah melaporkan ke polres Kolut beberapa waktu lalu, namun ada beberapa laporan yang kurang dan perlu kami lengkapi yakni dugaan pemalsuan dokumen lahan pertambangan yang di lakukan oleh PT CSM. Makax pada tanggal 5 April kami kembali lengkapi dokumen yang diminta,” kata Rafsan, Kamis (2/6/2022 ).

Lebih lanjut Rafsan mengatakan PT CSM telah beraktivitas sejak bulan Maret 2021 hingga bulan Maret 2022. Ia menduga PT CSM melakukan beberapa pelanggaran hukum yakni dengan melakukan pemalsuan izin usaha dokumen koperasi pertambangan serta melakukan pembangunan reklamasi tanpa izin.

Pihak HMI sendiri masih menunggu tindak lanjut aduan yang telah dilaporkan. Menurutnya, jika laporan tersebut diindahkan, ia menduga ada pembiaran pelanggaran hukum di wilayah Kolut.

“Jika laporan kami tidak ada tindak lanjut maka kami akan laporkan kasus ini ke Mabes Polri,” tegas Rafsan.

Reporter : Fyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!