oleh

Dana Pinjam Pemda Muna dari PT SMI Cair 25 Persen

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Dana pinjaman pemerintah Daerah Muna, Sulawesi Tenggara dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai Rp233 miliar, yang sempat dinyatakan tertunda akhirnya dicairkan pada tahap pertama 25 persen. Diketahui, anggaran tersebut merupakan program bertujuan untuk memulihkan ekonomi nasional.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Muna, Amrin Fiini mengatakan, dana tersebut cair melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

“Tahap pertama cair 25 persen atau Rp58 miliar. Pencarian secara bertahap sesuai progres,” kata Amrin Fiini saat ditemui Triaspolitika.id Selasa, (09/11/2021).

Kata dia, untuk total pokok dan bunga setiap tahun senilai Rp45 miliar selama delapan tahun. “Pokok dan bunga sedang berjalan sekaligus tahun 2022 segera dianggarkan,” katanya.

Sedangkan untuk pelaksanaan proyek kata dia, pihaknya telah melakukan konsultasi di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Kita konsultasikan ke BPKP, seperti apa regulasinya terhadap pengunaan anggaran yang menyebarang tahun,” ungkap dia.

Selain itu kata dia, kepala Inspektorat Muna La Kuanto juga intensi melakukan konsultasi terhadap Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dan BPKP.

“Besok rapat bersama BPKP. Intinya kita meminta petunjuk bagaimana teknis pengunaan anggaran yang sudah cair 25 persen dengan waktu yang begitu mepet,” katanya.

Reporter: Bensar Sulawesi

BERITA PILIHAN