oleh

Cegah Kebocoran Pajak, Pemda Muna Gunakan Aplikasi SIMDA

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID РGuna mencegah kebocoran pajak, Pemerintah daerah (Pemda) Muna, menggunakan sistem pembayaran pajak dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA). Penerapan aplikasi SIMDA  bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Selain itu, sistem pembayaran online juga dinilai dapat mencegah kebocoran pajak serta penyelewengan oleh oknum-oknum yang mencari keuntungan pribadi.

Wakil Bupati Muna, Bachrun telah meminta kepada pihak Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) untuk menyiapkan sistem dan aplikasi tersebut.

“Minimal mencegah kebocoran pajak daerah di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” kata Wakil Bupati Muna, Bachrun Rabu, (03/11/2021) usai membuka Bimtek Simda.

Bachrun berharap, hal tersebut bisa berjalan dengan baik. Untuk mencegah terjadinya kebocoran pajak. “Cegah kebocoran pajak, Intinya PAD kita kedepannya bisa lebih meningkat,” katanya.

Sementara itu Kepala Bappeda Muna Sumithata, melalui Sekretaris Bapenda Muna Wa Ode Zarmin Hidayad mengatakan, langkah yang diambil Pemda tersebut, juga dapat memuluskan Bapeda dalam mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) dari berbagai sektor pajak.

“Untuk target tahun 2021 minimal 80 persen. Capaian kita pada tahun 2020 lalu, melewati target seluruh penerimaan pajak senilai Rp151 miliar, meski dalam kondisi Covid -19,” Sekretaris Bapenda Muna, Wa Ode Zarmin Hidayad.

Mantan Kepala Bidang Aset Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Muna itu berharap, dapat mencapai target sesuai dengan keinginan Bupati Muna. “Kita harus optimis,” imbuhnya.

Kata dia, untuk melancarkan tagihan retribusi masih terdapat kendala di lapangan, misalnya pajak PBB tentu dibutuhkan partisipasi dari pihak pemerintah kecamatan maupun desa. “Memang harus terlibat, sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati, mereka sebagai koordinator,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB masih belum memenuhi harapan. “Pembayaran PBB sebagian besar masyarakat belum sadar akan pajak,” tungkasnya.

Reporter: Bensar Sulawesi

BERITA PILIHAN