Bupati Wakatobi-Rektor ITBM Teken Kerja Sama Tridarma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Daerah

waktu baca 2 menit
Bupati Wakatobi-Rektor ITBM Teken Kerja Sama Tridarma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Daerah

WAKATOBI, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi dan Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Wakatobi menandatangani kerja sama pengembangan tridarma perguruan tinggi dan pembangunan daerah Rabu (29/12/2021) di Kantor Bupati Wakatobi, Jalan Merdeka Wangi-Wangi.

Kerja sama ditanda tangani langsung oleh Bupati Wakatobi, Haliana dan Rektor ITBM Wakatobi, Arusani disaksikan oleh Staf Bupati Wakatobi beserta dosen dan unsur pengelola ITBM Wakatobi.

Pada kesempatan itu juga, Haliana menandatangani program kerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Bupati Wakatobi-Rektor ITBM Teken Kerja Sama Tridarma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Daerah

Haliana mengatakan, Pemda Wakatobi sangat mendukung program kerja sama dibidang penelitian, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat ini.

Menurutnya, penelitian di Wakatobi ini harus sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Harapan kita, dengan adanya penelitian bisa memberikan informasi maupun masukan terkait dengan pengambilan kebijakan di daerah,” terangnya.

Sementara itu, Rektor ITBM Wakatobi Arusani menjelaskan, kerja sama tridarma Perguruan Tinggi dengan Pemda Wakatobi sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Wakatobi umumnya dan ITBM khususnya.
Ia menjelaskan, kerja sama ITBM Wakatobi dengan Pemda Wakatobi yang dikenal dengan istilah tridarma perguruan tinggi ini meliputi : Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan beserta pengabdian kepada masyarakat.

“Penelitian dan pengabdian yang akan dilakukan oleh para dosen nanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di tiap-tiap tempat yang dijadikan lokasi penelitian,” ujarnya.

Arusani menambahkan, sebagai perguruan tinggi milik Muhammadiyah, ITBM Wakatobi sebenarnya mengenal catur darma perguruan tinggi yang didalamnya ditambahkan dengan Al Islam dan Kemuhammadiyaan, namun untuk yang keempat ini dilaksanakan di internal Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Reporter: Anto

error: Content is protected !!