Bupati Sulwan Lantik Syawal sebagai Pejabat Sekda Koltim

waktu baca 2 menit
Bupati Sulwan Lantik Syawal sebagai Pejabat Sekda Koltim.(Dehry/Triaspolitika.id)

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Pejabat Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulwan Aboenawas melantik Syawal sebagai Pejabat Sekda Koltim. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Pemda Koltim, Sulawesi Tenggara, Kamis (14/4/2022).

Bupati Sulwan mengatakan, kegiatan pelantikan pejabat setiap instansi pemerintah merupakan bagian dari hirarki organisasi pemerintahan. Tujuannya, untuk memantapkan peningkatan kapasitas kelembagaan.

”Pelantikan ini bagian dari pola pembinaan karier pegawai, juga bagian dari upaya peningkatan kinerja,” ujarnya.

Kata Sulwan, pelantikan pejabat bukan sekedar menempatkan figur pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Tetapi dapat dimaknai dari sudut kepentingan organisasi.

“Tantangan pembangunan kedepan bagi Kolaka Timur akan semakin berat. Sehingga saya mengingatkan kepada Sekda yang baru saja dilantik, untuk membantu saya membereskan pekerjaan rumah,” ujar Sulwan.

Demi mewujudkan Kabupaten Kolaka Timur yang berdaya saing, maju dan sejahtera Sulwan meminta Sekda untuk mengemban tugas sebaik-baiknya. Penuh rasa tanggung jawab, dan segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi ditempat kerja yang baru.

Sebagai aparatur negara, Sulwan mengajak semua unsur aparatur negara untuk terus membangun kualitas pribadi yang memiliki pola sikap disiplin dan jujur.

“Mari kita terus membangun kualitas pribadi yang memiliki pola sikap disiplin dan jujur, pola pikir yang cepat dan inovatif, sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan prima dalam suatu tatanan organisasi pemerintahan yang baik (Clean Government) dan pemerintahan yang baik (Good Governance),” jelasnya.

Pelantikan tersebut dihadiri Ketua DPRD, staf ahli serta para asisten Sekda. Selain itu turut dihadiri Pimpinan perangkat daerah, para pejabat pimpinan tinggi pratama lingkungan pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur.

Untuk diketahui pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan hasil seleksi terbuka yang telah dilaksanakan di tahun 2021, guna untuk mengisi kekosongan jabatan.

Pelantikan Sekda Koltim merujuk pada ketentuan dan pertimbangan Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara nomor B-3279/KASN/9/2021 tanggal 24 September 2021 perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama Sekretari Daerah dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur.

Surat Gubernur Sulawesi Tenggara nomor 133.74/1153 tanggal 7 Maret 2021 perihal rekomendasi pengangkatan dan pelantikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur.

Hasil konsultasi bersama Kasubbid wilayah III Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 12 April 2022 di Kementerian Dalam Negeri.

Reporter: Dhery Hermansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!