Bupati Koltim Minta PWI Kolaka segera bentuk PWI Koltim

waktu baca 2 menit
Pengurus PWI Kolaka saat berdialog bersama Bupati Kolaka Timur Abd Azis dan Kadis Kominfo Koltim Nyoman Abdi.

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Plt. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abd Azis, meminta pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kolaka untuk segera membentuk PWI Koltim.

”Kita minta secepatnya PWI Koltim juga dibentuk,” ujar Abd Azis saat dialog bersama sejumlah pengurus PWI Kolaka di kantor Dinas Kominfo Koltim, Kamis (21/9/2023).

Menurut dia, organisasi wartawan di daerah sangat penting. Karena organisasi tidak hanya sekedar wadah perkumpulan, namun juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas wartawan dalam mengolah informasi secara faktual.

Apalagi kata Azis, dalam menghadapi tahun politik publik kerap disajikan keberagamaan informasi hoax oleh media non pers seperti media sosial.

”Informasi hoax ini yang kerap membuat masyarakat terpecah belah. Masyarakat kerap menelan mentah-mentah informasi yang disebar di media sosial. Salah satu tugas wartawan yaitu mengedukasi publik melalui sajian berita objektif,” jelas Azis.

Untuk itu kata Bupati Azis, PWI Koltim sesegera mungkin dibentuk. Supaya sebagian wartawan yang masih belum memahami kode etik jurnalistik dapat diberikan pemahaman terkait tugas-tugasnya.

Azis juga berkomitmen akan mendukung pembentukan PWI Koltim. ”Selaku pemerintah, kami selalu mendukung hal-hal yang bersifat baik seperti ini,” ujarnya.

Ketua PWI Kolaka Abdul Saban mengapresiasi dukungan dari Bupati Kolaka Timur, rencana pembentukan PWI Koltim.

Kata Saban, PWI merupakan organisasi profesi wartawan yang berdiri sejak 1946. Salah satu tugasnya yaitu mewujudkan kemerdekaan Pers Nasional yang profesional, bermartabat dan beradab.

”Selain itu, PWI juga bertugas untuk memenuhi hak publik dalam memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar. Terwujudnya tugas pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik,” jelas Saban.

Untuk itu Saban berharap, wartawan yang berdomisili di Kolaka Timur atau bertugas di wilayah itu, dapat ikut bergabung di organisasi PWI.

Saban menambahkan, dalam waktu dekat PWI Kolaka bakal melaksanakan orientasi di Kabupaten Kolaka Timur. ”Harapan kita, teman-teman wartawan Koltim yang belum bergabung di organisasi sejenisnya, dapat ikut menjadi peserta pada orientasi nanti,” ujarnya.

Ketua PWI Kolaka periode 2023-2026 itu juga menyampaikan, salah satu syarat bergabung di organisasi PWI, wartawan sudah pernah mengikuti orientasi.

Reporter : Hery

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!