BPS Kolaka Mulai Pencacahan Penduduk

waktu baca 1 menit
Kepala BPS Kolaka, Ade Ida Mane.(Jamal/Triaspolitika.id)

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, mulai menyelenggarakan Sensus Penduduk lanjutan dari Bulan Mei Hingga Juni 2022.

Sensus Penduduk tersebut merupakan kelanjutan dari Sensus Penduduk 2020, yang sempat tertunda akibat Pandemi Covid-19 Tahun 2020 lalu.

Sensus Penduduk 2020 kali ini melibatkan kuesioner atau variable dengan pertanyaan yang lebih banyak dan lebih rinci dari pada tahun 2020 sebelumnya.

Meski lanjutan dari sensus Penduduk 2020, namun Sensus penduduk kali ini jauh berbeda dalam pelaksanaannya.

Jika Pada Tahun 2020 Sensus Penduduk dilakukan dengan cara memberikan dokumen ke masyarakat untuk di isi, kali ini Sensus Penduduk dilakukan dengan cara melibatkan petugas lapangan yang sudah di rekrut oleh BPS sebelumnya.

Kepala BPS Kolaka, Ade Ida Mane mengatakan, saat ini BPS Kolaka mulai melakukan pencacahan penduduk.

Kata dia, pemutakhiran pada bulan Mei lalu dilakukan untuk mencari tahu seberapa bnyak penduduk yang pindah serta baru tinggal di suatu tempat atau wilayah.

”Sedangkan pada Pencacahan pada bulan ini Juni, dilakukan untuk memperoleh data penghitungan parameter demografi antara lain kekahiran, kematian dan migrasi,” jelasnya.

Ade menambahkan, petugas Sensus penduduk dalam melaksanakan tugasnya di lapangan, telah diberikan asuransi berupa BPJS Ketenaga Kerjaan.

Reporter: A. Jamal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!